Senin 07 Jul 2014 16:00 WIB
pengalaman berpuasa

pengalaman berpuasa- Puasa Pertamaku, Ditemani Buku dan Susu

Red: operator

Jessica Savina Kusumo, (6 tahun), SDN 01 Ragunan, Jakarta Selatan

Tahun ini merupakan tahun pertamaku menjalankan ibadah puasa. Saat ini, usiaku sudah hampir enam tahun. Tapi, aku ingin berlatih berpuasa. Aku sudah berhasil melewati beberapa hari puasa yang rasanya cukup menantang dan menyenangkan. Terkadang memang aku merasa lemas. Namun, alhamdulillah aku tetap dapat berpuasa secara penuh sampai waktu Maghrib tiba.

Setiap dibangunkan makan sahur oleh mamaku pukul 04.00 WIB, aku selalu makan dengan cukup dan minum susu. Saat malam pun, aku selalu tidur yang cukup agar tidak susah dibangunkan untuk sahur.

Aku biasanya makan sahur dengan makanan yang bergizi dan dengan porsi cukup. Setiap sahur, mama selalu memasak masakan yang lezat dengan aroma menggugah selera. Salah satu yang paling aku suka, yaitu ayam goreng mentega.

Selesai makan, aku menghabiskan segelas susu. Aku juga banyak minum air putih. Setelah waktu imsak tiba, aku bersama kakak, mama, dan papa bersiap untuk shalat Subuh. Setelah salat Subuh, aku langsung tidur dengan nyenyak dan kenyang.

Aku biasa bangun pukul 08.00 WIB, kemudian mandi agar segar dan wangi. Habis mandi, aku biasanya bermain-main dengan kakak. Kami biasanya bermain-main di sekitar halaman rumah bersama tetangga. Kadang juga kami mengisi waktu luang tersebut dengan membaca buku.

Jika lelah bermain, aku tidur sampai menjelang sore. Sore harinya, setelah bangun tidur, aku segera mandi dan menunggu waktu berbuka. Tapi, biasanya aku kembali bermain di halaman rumah.

Begitu terdengar azan Maghrib, aku sigap mengambil segelas susu. Saat-saat berbuka merupakan saat yang paling menyenangkan. Kami semua berkumpul dan berbuka puasa bersama secara utuh di rumah. Makanan buka puasa yang disediakan mama, yaitu susu, air putih, dan bubur kacang hijau. Mama sengaja menghidangkan nasi setelah Tarawih agar kami dapat Tarawih dengan energi yang cukup tanpa merasa perut terlalu penuh terisi makanan.

Setelah selesai Tarawih, barulah hidangan lezat, penuh gizi, dan dengan aroma yang menggoda selera buatan mama siap disantap. Aku paling suka sup ayam buatan mama. Selain aromanya yang sangat menggoda, rasa kuah supnya juga enak sekali, dan membuatku selalu lahap dan penuh semangat saat memakannya. rep:c72  ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement