Sabtu 28 Jun 2014 18:00 WIB

RRF Gandeng 30 Perusahaan

Red: operator

JAKARTA — Republika Ra madhan Fair (RRF) kembali hadir pada bulan suci tahun ini. Perhelatan tersebut merupakan yang keempat kalinya dan berlokasi di kompleks Masjid Agung At-Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

“RRF menjadi pengingat masyarakat agar mengimbangi ibadah mahdah dengan ibadah sosial dan budaya,”

kata Pemimpin Redaksi Republika Nasihin Masha saat pem bukaan, Jumat (27/6).

Acara ini akan berlangsung hingga 25 Juli mendatang.Menurut Manajer Promosi Republika Yulia Ayu Trisia, tahun ini sangat spesial. Bukan hanya karena RRF digelar selama sebulan, tetapi kegiatan ini juga menjadi pengiring bagi jamaah saat menjalankan ibadah di Masjid At-Tin.

Setiap hari, berlangsung pada pukul 17.00 WIB. Isinya berupa pameran yang bekerja sama dengan 30 perusahaan. Ada pameran buku, pakaian Muslim, produk nirlaba, dan juga tawaran layanan pemakaman dari Al-Azhar Memorial Garden.

Dari Senin hingga Jumat, kata Yulia, Republika bekerja sama dengan pengurus masjid mengelola acara. Sedangkan, pada Sabtu dan Ahad, Republika punya acara sendiri. Di antaranya, lomba mewarnai anak-anak, ngobrol, dan kumpul komunitas dan tausiyah Ustaz Erick Yusuf.

Selain itu, ada acara casting film serta buka bersama anak-anak yatim piatu. “Semuanya acara unggulan, semoga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat pada umumnya dan jamaah At-Tin pada khususnya,” tuturnya. Ia juga berharap, melalui RRF 2014 ini, masyarakat tak hanya memprioritaskan ibadah mahdah. Idealnya, mereka juga lebih memahami pentingnya ibadah sosial dan budaya.

Sekarang, masyarakat juga bisa mengisi Ramadhan dengan serangkaian ibadah sosial. Di antaranya, zakat, infak, dan sedekah. Menurut Yulia, RRF membantu masyarakat menunaikan ibadah sosial tersebut.

Pengurus Masjid Agung At-Tin menyambut baik perhelatan tahunan ini. Wakil ketua II Pelaksana Harian Masjid Agung At-Tin Agus Gunaidi Pribadi berharap acara ini membantu masjid lebih ramai. “Jadi Ramadhan

juga semakin semarak,” katanya.

Ia menuturkan, pengurus telah mempersiapkan segalanya. Pengurus, kata dia, telah memperbaiki dan mening katkan fasilitas air, keamanan, dan penerangan. Hal ini sangat penting karena setiap hari, acara berlangsung dari sore hingga malam hari.

Ia juga mengingatkan, ajang Piala Dunia dan pemilu presiden tak mengurangi kualitas ibadah. Kemarin, ribuan jamaah seusai menunaikan shalat Jumat berdatangan ke lokasi pameran RRF.

Mereka meli hat stan yang memenuhi pela taran Masjid Agung At-Tin. Irfan Zidni (21 tahun), seorang  pengunjung, mengaku senang dengan keberadaan Republika Ramadhan Fair. Ia sudah mengunjungi stan biro penyeleng garaan haji dan umrah. Ia memperoleh banyak informasi mengenai umrah Ramadhan.

Irfan yakin jika nanti berumrah tak kena tipu oleh biro penyelenggara ilegal. Pengunjung lainnya, Syifa Nurlatifah (29), lebih tertarik mendatangi stan buku dan pakaian Muslim.

“Siapa tahu ada yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh Lebaran,” katanya. rep:c78 ed: ferry kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement