Rabu 25 Jun 2014 13:00 WIB
kilas dunia islam

Masjid di Skotlandia Siapkan Kebutuhan para Atlet

Red:

SKOTLANDIA — Para atlet yang bersaing di Commonwealth Games berkesempatan mendengar azan dari Masjid Pusat Glazgow setiap malam. Dewan Kota setempat telah menyiapkan berbagai hal untuk melayani kunjungan ratusan Muslim selama bulan Ramadhan. "Masjid ini terletak di Gorbals, dekat perkampungan atlet. Kami sudah mempunyai sejumlah persiapan untuk para atlet yang hendak beribadah," ujar Nabeel Sheikh, Sekretaris Jenderal Masjid Pusat Glasgow, seperti dikutip dari OnIslam.net.

Ia mengatakan, Komite Commonwealth telah menyampaikan bahwa ada 400 atlet beserta staf pendukungnya yang akan berpuasa. Karena itu, pihaknya berusaha memenuhi segala kebutuhan atlet Muslim selama Ramadhan. Tak hanya untuk atlet, pengelola masjid juga berupaya memenuhi kebutuhan keluarga atlet, pejabat, media, serta pengunjung yang akan berada di kota tersebut.

The Commonwealth Games 2014 akan diselenggarakan di Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya, selama 11 hari. Kompetisi dimulai dari 23 Juli hingga 3 Agustus 2014.

Menurut Sheikh, siaran azan akan ditampilkan sekali dalam sehari, mulai 10 Juli sampai 4 Agustus, tepat pukul 10.00 waktu setempat. Diharapkan pada 29 Juni sudah memasuki bulan puasa. Hari-hari terakhir Ramadhan merupakan saat yang bertepatan dengan pekan awal olimpiade digelar.

Pekan lalu, pejabat dari departemen kesehatan lingkungan di Dewan Kota Glasgow mengunjungi masjid terbesar di Skotlandia. Mereka memastikan agar suara azan nanti tak melebihi tingkat suara yang sudah disepakati.

Skoltlandia merupakan rumah bagi 50 ribu Muslim yang atau 1,4 persen dari populasi penduduknya. Umat Islam termasuk kelompok agama terbesar kedua di negara ini. Di negara tersebut terdapat sekitar 30 masjid yang tersebar di beberapa wilayah. N c91 ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement