Selasa 17 Jan 2017 14:00 WIB

Wapres Tinjau Penggunaan Dana Desa

Red:

SURABAYA — Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla meninjau penggunaan dana desa di Plandaan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Senin (16/1). Wapres ingin memastikan dana desa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Desa Plandaan merupakan salah satu dari 271 desa di Tulungagung yang menerima dana desa. Jumlah dana yang dikucurkan untuk semua desa di Indonesia sebesar Rp 764,9 triliun atau 36,8 persen dari APBN 2017. Alokasi dana untuk Desa Plandaan pada 2016 mencapai Rp 1,3 miliar.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Wapres RI didampingi Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo). Gubernur menjelaskan, berbagai upaya dilakukan Pemprov Jatim untuk membangun perekonomian desa, salah satunya dengan memberdayakan kaum perempuan melalui Koperasi Wanita (Kopwan). Sebanyak 8.506 Kopwan di Jatim dan 4.000 kelompok wanita fungsional diklaimnya membuat desa lebih produktif.

"Sejak 2009, Pemprov Jatim telah meletakkan pembangunan berbasis pedesaan untuk menyeimbangkan perekonomian antara desa dengan kota. Hal ini menjadikan desa di Jatim memiliki sarana-prasarana yang mumpuni untuk mendukung tumbuhnya pusat-pusat ekonomi lokal," katanya menjelaskan melalui keterangan tertulis.    Binti Sholikah, ed: Erdy Nasrul 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement