Kamis 12 Jan 2017 14:00 WIB

Tiga Nama Calon KSAU Diajukan ke Presiden

Red:

JAKARTA--Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyerahkan tiga nama calon Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) kepada Presiden Joko Widodo. Dari tiga nama tersebut, nantinya akan dipilih untuk menggantikan KASAU Marsekal TNI Agus Supriyatna yang akan memasuki masa pensiun pada 28 Januari.

"Saya sudah mengajukan kepada presiden tiga orang calon semua bintang tiga," kata Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/1).

Ketiga nama calon KASAU tersebut, antara lain, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dengan jabatan saat ini sebagai wakil gubernur Lemhanas, Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjo yang saat ini merupakan Irjen Kemhan, dan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dengan jabatan saat ini wakil kepala staf TNI AU.

Meskipun Kepala Badan SAR Nasional (BASARNA) saat ini Marsekal Madya TNI Felicianus Henry Bambang Soelistyo juga bintang tiga, tapi tidak ikut diajukan. Pasalnya, Bambang Soelistyo akan pensiun bulan depan.

Kendati telah mengajukan tiga nama, menurut Gatot, dirinya tak memiliki hak preogratif menentukan KASAU. Mantan Pangkostrad itu juga menuturkan, semua calon memiliki peluang yang sama. "Itu hak preogratif Presiden," ujarnya.         Rahmat Fajar, ed: Hafidz Muftisany

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement