Kamis 23 Jun 2016 14:00 WIB

Pemerintah Dorong Gus Dur Jadi Pahlawan

Red:

JAKARTA — Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, pemerintah akan mendorong Kiai Abdurahman Wahid (Gus Dur) menjadi pahlawan nasional. Gus Dur dinilai berjasa menjadikan kehidupan Indonesia demokratis.

"Saya dan Bu Khofifah sepakat untuk menyerahkan nama Gus Dur ke presiden untuk diberi gelar pahlawan nasional," ujar Luhut di Jakarta, Rabu (22/6).

Luhut mengatakan, sosok Gus Dur yang merakyat dan terkenal dengan pluralismenya menjadi salah satu bentuk jasanya agar Indonesia tetap terjaga dalam kedamaian. Luhut sendiri memiliki pengalaman dan kesan pribadi atas Gus Dur.

Luhut mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur secara persyaratan administratif sudah selesai. Tinggal menunggu waktu yang pas untuk memberikan gelar tersebut.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dari 13 nama yang diajukan oleh Kementerian Sosial untuk mendapat gelar kepahlawanan, nama Gus Dur menjadi salah satu yang sudah selesai diproses. Cucu pejuang kemerdekaan Kiai Hasyim Asy'ari ini menjadi teladan Indonesia.    Intan Pratiwi, ed: Erdy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement