Sabtu 28 May 2016 16:03 WIB

Guru Diimbau tak Demo Terus

Red: Arifin

JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta guru tidak terus melakukan demonstrasi menuntut peningkatan kesejahteraan. JK menjelaskan, demo tidak berdampak positif pada peningkatan anggaran negara. 

"Banyak guru yang demo berkali-kali itu tidak akan bikin kesejahteraan meningkat. Maka, yang kita harus lakukan adalah meningkatkan kualitas kita," ujarnya, di Jakarta, Jumat (27/5).

Wapres menjelaskan, setiap tahunnya pemerintah selalu menganggarkan 20 persen dari anggaran nasional untuk pendidikan. Dari 20 persen tersebut, 57 persen di antaranya dialokasikan untuk guru. 

Jika guru menuntut kenaikan gaji atau tunjangan, kata JK, yang harus dilakukan guru adalah membantu pemerintah meningkatkan anggaran nasional dengan cara memperbaiki pendidikan nasional.

"Dari mana anggaran itu berasal? Dari ekonomi yang berkembang melalui produktivitas yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi dan ilmu yang berkualitas. Jadi, ini saling berkaitan dan berputar. Kalau pendidikan itu berhasil, nilai tambah nasional meningkat, semakin positif," tutur Wapres.  Halimatus Sa'diyah, ed: Erdy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement