Jumat 12 Feb 2016 14:00 WIB

Cita-Cita Almarhum Ivy yang Belum Terwujud

Red:

Cita-cita almarhum Mayor Pnb Ivy Safatillah (37) belum tercapai hingga ajal menjemputnya saat dalam tugas. Mayor Pnb ini bercita-cita ingin mempersembahkan bintang penghargaan kepada kedua orang tuanya.

Namun, belum sampai cita-cita itu terlaksana, Ivy sudah meninggal dalam tugas saat menerbangkan pesawat latih tempur jenis Super Tucano TT-3108. Pesawat latih ini jatuh  di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (10/2) pagi.

"Dia (almarhum) selalu bilang ingin membanggakan kedua orang tunya, ingin memberikan bintang," kata ayah almarhum Ivy, Fahruz Faisol, seusai permakaman di Taman Makam Pahlawan Yogyakarta, Kamis (11/2).

Upacara pemakaman Ivy, dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adi Sutjipto Marma Imram Baidirus. Fahruz mengisahkan, almarhum Ivy adalah sosok yang berbakti dan sayang dengan keluarga. Jiwa kepemimpinanya sangat tinggi. "Mas Ivy ini orangnya komunikatif, familiar, dan selalu nguwongke uwong (memanusiakan manusia)," ujarnya.

Fahruz bertemu terakhir kali dengan putranya ini pada pertengahan Januari lalu. Saat itu tidak ada firasat apa pun jika hal itu akan menjadi pertemuan terakhirnya. Pada malam sebelum kecelakaan terjadi, putranya ini juga sempat menelpon sang ibunda hingga satu jam. "Ma Ivy menelepon lama, tanya kabar keluarga semua," katanya.

Saat itu dia juga tidak memiliki firasat jika itu menjadi telepon terakhir anaknya. Diana Fitri (34), istri almarhum Ivy Safatillah tertunduk lesu di dekat pusara suaminya. Di tangannya tidak terlepas tasbih yang terus digerakkan. Sementara, kedua putranya duduk di sebelahnya tanpa kata.

Diana mendengar suara terakhir suaminya pada Rabu (10/2) pagi sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu, suaminya menanyakan kabar dirinya dan kedua putranya termasuk calon bayi yang dikandungnya. Istri almarhum Ivy ini tengah mengandung delapan bulan. Tidak ada firasat apa pun saat suaminya tersebut menelepon.

Telepon tersebut ternyata menjadi telepon terakhir almarhum. Sebab, pada 12.30 WIB, Diana mendapat kabar kepergian suaminya tersebut untuk selamanya. Kabar itu diperkuat dengan kedatangan Danlanud Adi Sutjipto Marsma Imran Baidirus ke rumah duka pada sore harinya

Almarhum Ivy meninggalkan satu orang istri Diana Fitri dan dua orang anak Dafa Firandy Zain (9) dan Aqsa Irfan Maulana (7). Mayor Pnb Ivy menduduki jabatan terakhir sebagai kasaflat Wing 2 Lanud Abdulrahmansaleh. "Almarhum adalah putra terbaik yang memiliki dedikasi tinggi pada pekerjaanya," ujar Imran. Saat ini penyebab kecelakaan pesawat Super Tucano tersebut baru dalam penyelidikan tim. Oleh Yulianingsih ed: Edy Nasrul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement