Sabtu 03 Oct 2015 14:30 WIB

Mahasiswa Keluhkan Telatnya Beasiswa

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) mengeluhkan pencairan dana beasiswa yang acap kali terlambat. Keterlambatan ini dinilai menghambat mahasiswa penerima beasiswa, semisal, Bidikmisi maupuan Afirmasi Pendidikan (ADik) dalam kuliah.

Penerima beasiswa ADik dari Papua, Ince Weya, mengatakan, pencairan dana selalu tidak sesuai dengan jadwal, yakni yang seharusnya tiga bulan sekali. "Bahkan, ada yang empat bulan atau lebih baru cair," terang mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Unimed ini kepada Republika di Unimed, Medan, Sumatra Utara (Sumut), Kamis (1/10).

Kondisi itu, kata Ince, jelas mempersulit para penerima beasiswa dari pemerintah ini. Apalagi, pihak keluarga mereka juga kurang memiliki kemampuan membayar biaya perkuliahan.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menegaskan, siap menerima masukan dan kritikan dari mahasiswa. Ia menilai, keterlambatan ini akibat dari sistem pendataan yang kurang baik. Perubahan data yang diterima dari universitas menjadi sumber permasalahan karena tidak pernah tepat waktu. c13, ed: A Syalaby Ichsan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement