Selasa 02 Sep 2014 17:30 WIB

Gatot dan Yance Jadi Pimpinan Sementara

Red:

Sekretaris DPD PDIP Jabar, Gatot Cahyono di tun juk menjadi Ketua DPRD Jabar sementara periode 2014- 2019. Dalam pimpin Jabar, Gatot ditemani Ketua DPD Golkar Jabar, Irianto MS Syafiuddin (Yance) selaku Wakil Ketua DPRD Jabar sementara.

Pemilihan pimpinan DPRD Jabar sementara itu tertuang dalam rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jabar. Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Provinsi Jabar masa jabatan 2014-2019 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (1/9).

Menurut Sekretaris DPRD Jabar, Ida Hernida, pemilihan pimpinan DPRD Jabar ditentu kan oleh partai pemenang. PDIP, menduduki peringkat pertama dalam pemilu 2014 di Jabar. Sementara Partai Golkar menduduki peringkat kedua. "Pemilihan ketua dan wakil ketua sementara ini, sudah sesuai dengan aturan. Partai pemenang, mengajukan pimpinannya di DPRD Jabar. Yang me nang adalah PDI P dan kedua adalah Golkar," ujar Ida usai rapat paripurna, Senin (1/9).

Menurut Ida, sekretariat DPRD Jabar sudah melayangkan surat kepada masing-ma sing partai untuk mengajukan siapa pimpinan dewan sementara. Sebelum pelantikan, pihaknya sudah mendapatkan pengajuan nama dari masing-masing partai. Untuk PDIP, Ida mendapatkan, surat pengajuan nama pada 15 Agustus 2014. "'Setelah itu kami langsung membuat surat penetapan pim pinan DPRD sementara," katanya.

Saat ditanya tentang masa waktu pimpinan DPRD sementara, Ida mengatakan, pem ber lakuan itu hingga terpilih pimpinan definitif. Pemilihan pimpinan DPRD sudah ada proses yang terbentuk dalam tatib. "Setelah proses itu rampung, baru kami meminta pengesahan ke Mendagri. Wak tunya nggak sampai sebulan. Setelah ada pimpinan devinitif, baru menyusun alat keleng kapan dewan," kata Ida.

Disinggung mengenai anggota DPRD termuda dan tertua, Ida mengaku, tidak punya data tentang itu. Karena, aturan saat ini tidak menyebutkan yang tertua atau termuda. "Ka lau 2009 lalu aturannya yang termuda dan tertua. Kalau sekarang itu tidak. Makannya, kami tidak ada datanya," katanya

Ketua DPRD Jabar sementara Gatot Cahyono mengatakan, yang pertama kali akan di lakukan pihaknya, adalah membentuk Pansus Tatib dan persiapan alat perlengkapan dewan. "Maksimal, prosesnya sebulan. APBD akan kami susun setelah terpilih pimpinan dewan definitif," katanya. rep:arie lukihardianti ed: agus yulianto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement