Jumat 18 Jul 2014 12:00 WIB

Pertamina Jamin Aman Stok BBM Lebaran

Red:

INDRAMAYU –– Pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) diwilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) selama arus mudik dan balik, aman. Namun, Pertamina meminta pengawalan polisi untuk pendistribusiannya, terutama saat terjadi kemacetan di jalur pantura.

Kepala Sumber Daya Manusia dan Keamanan Terminal BBM Pertamina Balongan, Aprianto menjelaskan, pihaknya melayani 126 SPBU yang tersebar di wilayah Ciayumajakuning. Dia menyatakan, stok BBM di seluruh SPBU tersebut tidak akan mengalami kekurangan untuk musim lebaran ini. "Stok BBM aman," ujar Aprianto, saat ditemui dalam Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Ketupat Lebaran 2014 di Aula Mapolres Indramayu, Rabu (16/7).

Aprianto menyebutkan, rincian pasokan BBM itu terdiri dari, Pertamax Plus sebanyak 14.824 kiloliter yang mencukupi untuk 616 hari, Premi um 63 ribu kiloliter yang mencukupi untuk 46,7 hari, dan solar 135.834 kiloliter yang mencukupi untuk 117 hari.

Aprianto mengungkapkan, selama arus mudik dan balik lebaran, pihaknya akan menambah armada pengangkut BBM. Yakni dari 55 unit men jadi 62 unit. Namun, untuk penyaluran BBM, Aprianto me min ta bantuan pengawalan dari pihak kepolisian. "Kami mohon kawalan untuk ke SPBUSPBU," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kasatlantas Polres Indramayu, AKP Andry mengatakan, pihaknya menyediakan tiga unit mobil patroli dan pengawalan untuk migas. Namun, pengawalan terhadap pengiriman pasokan BBM itu bersifat selektif. "Tergantung koordinasi dengan pihak Pertamina. Jika pasokan BBM di suatu tempat sudah benar-benar habis, diadakan pengalawan," ujarnya.

Sementara Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Indramayu memperkirakan kebutuhan BBM di SPBU-SPU yang tersebar di jalur pantura Indramayu akan meningkat selama arus mudik dan balik lebaran. Peningkatan itu diperkirakan mencapai 150 – 200 persen dari kebutuhan normal.

Koordinator Daerah Hiswana Migas Kabupaten Indramayu Sri Wahyuni Utami mengatakan, pengiriman BBM dari tangki milik pertamina perharinya sebanyak 16 ribu liter. Dengan adanya lonjakan kebutuhan BBM, penyalurannya di Pantura Indramayu diprediksi naik hingga 40 ribu liter perhari. "Tapi pengelola SPBU tidak perlu khawatir. Pasokan BBM di SPBU di sepanjang jalur pantura Indramayu aman," ujarnya. rep:lilis sri handayani ed: agus yulianto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement