Senin 14 Jul 2014 12:00 WIB

PT KAI Tambah Lagi KA Lebaran

Red:

CIREBON – Kabar gem bira bagi para calon pemudik yang telah kehabisan tiket kereta api (KA). PT KAI akan menjalankan KA tambahan Lebaran kelas ekonomi AC. Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon, Gatut Sutiyat moko, menyebutkan KA tambahan itu adalah KA Sa wung galih Lebaran relasi Pasar Senen-Kutuarjo (PP) dan KA Menoreh Lebaran relasi Pasar Senen-Semarang Tawang (PP).

Menurutnya, KA tambahan tersebut nantinya akan dioperasikan mulai 18 Juli 2014. "Sedangkan tiketnya dapat dipesan mulai 12 Juli 2014," ujar Gatut, Ahad (13/7).

Gatut mengungkapkan KA tambahan tersebut dijalankan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2014. Selain itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. Kapasitas tempat duduk untuk tiap perjalanan KA mencapai 800 kursi. Dengan demikian, total kursi untuk KA Lebaran tambahan yang tersedia se banyak 1.600 kursi.

Sedangkan harga tiket KA Menoreh Lebaran relasi Pasar Senen – Semarang Tawang, menurut Gatut nilainya mencapai Rp 175 ribu – Rp 250 ri bu. Untuk pemberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan menuju ke Semarang, pukul 11.34 WIB dan dari stasiun Cirebon Prujakan ke Pasar Senen Jakarta, pukul 21.27 WIB.

Sementara harga tiket KA Sawunggalih Lebaran, mencapai Rp 175 ribu Rp 260 ri bu. Untuk pemberangkatan dari Stasiun Cirebon Prujakan tujuan Kutuarjo pukul 21.43 WIB, dari Stasiun Cirebon Pru jakan tujuan Pasar Senen pukul 12.32 WIB.

Menurut Gatut, tiket dapat dipesan melalui channel external, di antaranya Indomart, Alfamart, kantor pos, dan agen- agen resmi. Selain itu, bi sa melalui internet, aplikasi Blackberry dan android. "Mu lai 1 Juli 2014, semua pem be lian tiket KA di channel external harganya sama dengan loket stasiun,’’ terang Gatut.

Gatut menambahkan, bagi masyarakat Cirebon dan sekitarnya yang belum memiliki tiket KA untuk arus balik ke Jakarta, masih banyak tersedia untuk tanggal 2, 3, 4 Agus tus 2014. Adapun KA-nya ada lah KA Cirebon Eks pres tambahan Lebaran kelas bisnis, yang berangkat dari Sta siun Cirebon Kejaksan pukul 16.15 WIB.

Gatut mengimbau seluruh masyarakat, khususnya pengguna jasa KA, supaya merencanakan mudik Lebaran dan segera memesan tiket. Hal itu dimaksudkan agar ada kepastian mendapatkan tiket pada waktu keberangkatan. "Se ge ra pesan tiketnya mulai sekarang,’’ tegas Gatut.

Seperti diketahui, untuk wilayah Jawa, selama masa angkutan Lebaran, PT KAI sebelumnya telah menyiapkan 293 rangkaian KA reguler dan 32 KA tambahan. KA tambahan itu terdiri dari 18KA tambahan komersial serta 14 KA ekonomi subsidi (PSO).

Pemesanan tiket KA tambahan itu mulai dibuka pada Kamis (15/5) pukul 00.00 WIB. Namun, hanya dalam hitung an jam, tiket KA tambahan dari Stasiun Gambir menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual.

Dari 32 KA tambahan itu, ada 22 KA tambahan yang akan melintasi Cirebon. Yakni 12 KA komersial (eksekutif, bis nis dan ekonomi non pso) dan sepuluh KA ekonomi pso (subsidi).

Adapun untuk KA ekonomi tambahan, yang melalui wilayah Cirebon adalah KA Tawang Jaya Lebaran (Pasar Senen Semarang Poncol/pp), KA Ku tojaya Utara Lebaran Malam (Pasarsenen – Kuto arjo/pp), KA Ma tarmaja Lebaran (Pasar senen – Malang/ pp), KA Kerta jaya Le baran (Tanjungpriok Surabaya Pasar Turi/pp), KA Mantab Lebaran (Pasarsenen – Madiun/pp).rep:lilis sri handayani ed: rachmat santosa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement