Ahad 12 Oct 2014 14:15 WIB
Tips

Tips Bagi Jamaah Haji yang Kembali ke Tanah Air

Red: operator

Oleh:Neni Ridarineni (Wartawan Republika) -- Sejak Kamis (9/10)) jamaah haji Indonesia sudah mulai pulang ke Tanah Air. Agar para jamaah haji bisa menjaga kemabru rannya dan tetap sehat, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan lima tips bagi jamaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air.

-Kegiatan fisik ketika menjalankan ibadah haji cukup berat. Begitu sampai Indonesia, ada bagusnya beristirahat sejenak, untuk memulihkan stamina.

-Perbedaan waktu antara Indonesia dan Arab Saudi dapat menimbulkan "jet lag". Segeralah ikuti waktu/ jam tidur di Tanah Air, supaya irama tubuh segera kembali pulih.

-Infeksi saluran napas bawah (bronkitis sampai pneumonia) di Tanah Air dapat juga terjadi bila daya tahan tubuh lemah. Was padalah kalau ada keluhan batuk dan demam begitu sampai Tanah Air, segera konsultasi ke petugas ke sehatan.

-Kalau selama ini sudah ada penyakit kronik (jantung, ginjal, hipertensi, diabetes mellitus, dan lain-lain), maka perlu mengecek keadaan laboratorium / pemeriksaan terkini sesudah selesai aktivitas ibadah haji.

-Wewaspadai tiga penyakit yang banyak dikawatirkan, walaupun memang sampai sekarang tidak terjadi, yaitu meningitis, ebola, dan MERS CoV. Sehingga, kalau mengalami demam, batuk- batuk, dan pilek segera periksa ke dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement