Sabtu 20 Sep 2014 18:15 WIB
Konsultasi Kurban

Apa itu Sedekah Kurban?

Red: operator

Assalamualaikum wr. wb.

Ustaz, Global Kurban dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi program Sedekah Kurban. Bisa dijelaskan apa maksud program ini? Terima kasih atas jawabannya, Ustaz.

Risma Utami, Jakarta

Waalaikumussalam wb.wb.

Sedekah Kurban adalah salah satu program Global Kurban yang ditawarkan kepada masyarakat, khususnya mereka yang berkemampuan ekonomi berlebih, untuk menyedekahkan kurbannya untuk dan atas nama orang lain. Misalnya, seorang pemilik perusahaan yang usahanya maju dan sukses, bisa berkurban lebih dari seekor kambing untuk dirinya sendiri. Tetapi, bisa juga untuk sejumlah karyawan yang bekerja di perusahaannya.

Misalnya, dia mempunyai 100 karyawan, dia bisa membeli 100 ekor hewan kurban (kambing), setiap satu ekor hewan kurban diatasnamakan para karyawannya.

Dalam beberapa kasus, ada juga sekelompok masyarakat yang melakukan apa yang disebut arisan kurban. Misalnya, 20 orang bersepakat patungan untuk membeli hewan kurban. Misalnya, sekali iuran bisa diperoleh empat ekor kambing. Empat ekor kambing itu lantas dikurbankan.

Untuk memenuhi syarat syar'i, hewan masing-masing harus diatasnamakan nama empat anggota dari 20 peserta arisan tersebut berdasarkan kesepakatan (musyawarah). Begitu seterusnya secara bergiliran sehingga setiap anggota pada akhirnya bisa berkurban.

Ditinjau dari segi syariah, hal ini tidak ada masalah.Namun, di luar arisan, ada juga sekelompok masyarakat yang iuran tanpa jumlah uang tertentu, dan hanya sekali waktu, lalu uangnya dibelikan satu atau dua hewan kurban. Problemnya adalah hewan kurban diatasnamakan siapa? Maka untuk memenuhi tuntutan syar'i, hewan kurban tersebut harus diatasnamakan individu sebagai pekurban dari anggota kelompok tersebut atau atas nama warga di wilayah sasaran.

Misalnya atas nama si fulan di Gaza, Palestina, itu boleh.Sehingga saat hewan kurban disembelih, nama pekurban jelas bisa disebutkan.

Prinsip dari berkurban seperti ini, yaitu keikhlasan dalam bersedekah dan permufakatan antarpeserta dalam memenuhi tuntunan syariah. Karena, di sini terjadi seseorang bersedekah, lalu sedekah itu dipakai orang lain untuk membeli hewan kurban. Insya Allah, jika masing-masing ikhlas maka Allah SWT akan memberi pahala, baik pahala bersedekah maupun pahala berkurban. Demikian, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bish shawab.

Diasuh oleh Ustaz Bobby Herwibowo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement