Senin 15 Sep 2014 15:30 WIB

Mencegah Terinveksi Virus MERS-CoV

Red:

Jamaah calon haji seluruh dunia akan berkumpul di Tanah Suci, Arab Saudi. Berbagai hal bisa terjadi, termasuk infeksi virus yang berkembang di Timur Tengah, yaitu middle east respiratory syndrom-coronavirus (Mers-Cov). Untuk mencegah terinfeksi virus ini, berikut tips yang disampaikan oleh Kepala Seksi Daerah Kerja (Daker) Jeddah dr Lucky Tjahjono yang bisa dilakukan oleh jamaah.

1. Memperhatikan perilaku hidup bersih, sehat, serta istirahat yang memadai.

2. Mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang seimbang. Minum air yang cukup, rata-rata sebanyak 2,5-3 liter sehari untuk menghindari dehidrasi. Sebab, keadaan dehidrasi dapat mengganggu mekanisme pertahanan alamiah pada saluran napas akibat gangguan sistem mukosilier.

3. Sering mengonsumsi kurma dan air zamzam secara teratur yang berfungsi untuk memelihara asupan kalori dan cairan.

4. Rajin mencuci tangan, baik dengan sabun atau handsrub, sebagai upaya pengendalian infeksi.

5. Membatasi aktivitas yang berlebihan di luar pemondokan untuk mengurangi kontak warga yang teridap virus Mers-CoV.

6. Membiasakan penggunaan masker saat meninggalkan pemondokan, terutama jika berada pada lingkungan yang ramai atau berpolusi.

7. Bagi perokok, sedapat mungkin mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok, karena polusi asap rokok dapat merusak struktur dan pertahanan alamiah saluran napas.

8. Membatasi atau tidak mengunjungi peternakan dan tempat pemotongan hewan, untuk menghindari sumber penularan.

9. Selama berada di Arab Saudi, segera mengonsultasikan kesehatannya bila mengalami gejala demam, batuk, atau terasa sulit bernapas. Terutama, jika dalam dua hari berturut-turut kondisi badan semakin memburuk.

10. Bagi penderita penyakit kronik seperti diabetes, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, gagal jantung, gagal ginjal, atau penyakit kronik lainnya, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis sebelum berangkat menuju Tanah Suci, dan tetap mengonsumsi obat-obatan yang sudah digunakan secara teratur.

11. Bila dalam waktu 10-14 hari setelah kembali ke Tanah Air dan mengalami keluhan pernapasan seperti batuk atau sesak dan cenderung makin memburuk, segera berkonsultasi ke dokter atau ke rumah sakit untuk mendapatkan kepastian diagnosis dan pengobatan.

12. Bila akan bepergian ke Arab Saudi, ikuti perkembangan informasi terkait virus Mers-CoV karena situasi dapat berubah setiap saat. rep:zaky al hamzah ed: dewi mardiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement