Rabu 03 Sep 2014 13:00 WIB

Embarkasi Palembang tak Terganggu Insiden Garuda

Red:

PALEMBANG — Musibah pecahnya ban pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 102 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Selasa (2/9), tidak mengganggu penerbangan kelompok terbang (kloter) I jamaah haji dari embarkasi Palembang. 

General Manager PT Garuda Indonesia Palembang, Henny Nurcahyani, mengatakan, penerbangan pesawat Garuda yang mengangkut jamaah haji kloter I tidak terganggu karena baru akan berangkat pukul 15.00 WIB.

Sedangkan, insiden pecah ban terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah kejadian, jalur taxy way di bandara memang sempat ditutup sekitar tiga jam untuk memberi kesempatan kepada teknisi Garuda Indonesia melalukan perbaikan. Sekitar pukul 12.00 WIB aktivitas di Bandara SMB II kembali normal.

Henny optimistis perbaikan terhadap ban pesawat GA 102 bisa selesai sebelum pukul 15.00 WIB. "Penerbangan kloter pertama calon jamaah haji asal Sumatra Selatan yang Selasa pagi dilepas Gubernur Alex Noerdin akan tetap sesuai dengan jadwal, tidak terganggu oleh kejadian tadi," ujarnya, Selasa (2/9).

Pada musim haji 1435 H Garuda Indonesia akan mengangkut jamaah haji dari Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Bangka Belitung dari embarkasi Palembang melalui Bandara Internasional SMB II. Rombongan haji akan menggunakan pesawat jenis Boeing 747-400 dengan kapasitas angkut yang lebih banyak, yaitu 455 penumpang

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan (Kanwil Kemenag Sumsel), Udin Djuhan, pada musim haji tahun lalu jamaah haji Embarkasi Palembang diangkut menggunakan pesawat jenis Airbus A 330-200 dengan kapasitas 360 penumpang.

GM PT Angkasa Pura (AP) II Palembang Zulfahmi juga optimistis peristiwa pecah ban yang menimpa pesawat Garuda GA 102 tidak akan mengganggu penerbangan kloter jamaah haji Embarkasi Palembang yang akan terbang pada pukul 15.00 WIB. "Setelah perbaikan selesai dan pesawat ditarik ke apron, sekarang jalur taxy way sudah normal kembali," katanya. N rep: maspril aries ed: andi nur aminah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement