Ahad 03 Jan 2016 13:00 WIB

Es Kopi Padang

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Es Kopi Padang

Terinspirasi kafe-kafe terbuka di Italia, Marco Lim menyajikan es kopi dalam gelas wine. `\'Keluarga saya ke Italia terheran-heran, siang hari mereka minum winedi kafe-kafe,cerita pemilik resto padang Marco. 

Ternyata, minuman berwarna gelap dalam gelas berkaki itu ternyata kopi.

Maka, saat Marco membuka restoran masakan padang di Ibu Kota, ia tak lupa menghadirkan es kopi yang populer di Padang. Es kopi dalam gelas berkaki pula. Banyak orang terkecoh karena menduga winedihadirkan di tengah masakan padang. `\'Tidak ada winedi tempat kami,kata Marco yang lahir dan besar di Padang itu.

Yang jelas adalah, seperti halnya orang Italia, orang Padang pun penggemar kopi. `\'UrangPadang bisa minum kopi tiga kali sehari, biasa minum kopi pagi, siang, dan malam hari, 

ungkap dia.

Di Padang, kita biasa menemukan kedai kopi yang bertebaran di berbagai sudut kota. \"Marco membawa cita rasa minuman masyarakat Padang ke tengah kota Jakarta, lewat menu yang satu ini,\"

ujarnya.

Tujuannya, Marco melanjutkan, agar dapat membantu para perantau mengobati rasa rindunya pada kampung halaman yang jauh di mata. Orang Padang penggemar kopi pahit. Karena itu, ia memilih kopi jenis robusta bukittinggi. 

Tapi, untuk proses roasted-nya, Marco menggunakan cara Padang. Jadi, kopi yang masih berbentuk biji disimpan di dalam drum, kemudian diputar-putar sembari dibakar dengan kayu bakar.

Dengan begitu, kopi dapat matang lebih merata. 

Segelas es kopi padang memberikan pengalaman menikmati aroma kopi dingin yang meresap halus dalam sesapan lidah. Rasa pahit yang dikecap tak terlalu mendominasi manisnya gula.

Belum lama ini Marco resmi membuka cabang terbarunya di Pondok Indah Mall. Mengusung cita rasa Padang Peranakan sebagai ciri khas, Marco hadir mengusung konsep fine dining yang makin mengangkat kuliner Sumatra Barat ke level yang tinggi. 

Ada berbagai pilihan menu yang ditawarkan. Di antaranya, rendang itam kayu bakar, gule kambing, soto padang, barramundi panggang pacak, ayam lado ijo, dan pete kacamata. \"Meski hadir lebih ringan dari menu restoran Padang umumnya, tapi menu- menu di Marco hadir dari puluhan bumbu tradisional yang telah diracik seksama,\" ujar Marco.

Selain menu-menu hidangan utama, Marco juga memiliki menu minuman yang beragam. Salah satu menu minuman yang juga menjadi andalan adalah jus pinang muda.

Menurut dia, jus pinang muda adalah minuman yang populer di Kota Padang.

\"Terbuat dari buah pinang yang dicampur dengan condensed milk, jus ini terkenal dengan khasiatnya untuk menjaga kesegaran tubuh,\" ujarnya.

 
Jus pinang muda hadir dengan warna hijau muda yang tapak segar karena disajikan dengan es batu. Tak seperti minuman pada umumnya yang terasa manis, jus pinang muda terasa gurih sekaligus segar. (setyanavidita livikacansera, ed:nina chairani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement