Ahad 06 Jul 2014 18:00 WIB
kampus

Bersama Gelar Summer School

Red: operator

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan UIN Sultan Syarif Kasim Riau siap menggelar summer school untuk tahun ini bagi 15 mahasiswa asal HAW Weiden University Jerman. Koordinator Summer School UIN 2014, Lily Surayya Eka Putri mengungkapkan, Summer School UIN pada tahun ini merupakan yang ketiga kalinya.

Summer school kali ini digelar oleh tiga kampus yang ada di Indonesia, yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan Universitas Gajah Mada. Tema besar yang diangkat Summer School UIN kali ini adalah `Renewable Energies-Entrepreneurship/Leadership'.

Menurut Lily tema ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa Jerman khususnya untuk meng ambil Summer School di UIN. Saat ini telah mendapatkan konfirmasi dari 15 mahasiswa HAW Weiden University bersama tiga orang profesor dari universitas ini. Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi ini mengungkapkan, sejak awal diluncurkannya program Summer School di 2012, program ini berfokus pada studi lingkungan dan energi terbarukan.

Menurut dia, Indonesia memiliki sumber energi terbarukan cukup besar untuk diolah dan Jerman memiliki teknologi yang bisa disinergikan untuk peningkatan kapasitas ekonomi. Pada 2013 tema program Summer School mengombinasikan energi terbarukan dengan konservasi, kemudian pada tahun ini tema program berfokus ti dak hanya pada energi terbarukan tapi juga kemampuan leadership dan entrepreneurship.

Berbeda dengan program Summer School di UMY, program Summer School ini mengikut sertakan mahasiswa dari ketiga universitas, UIN Jakarta, UIN Riau dan UGM. Dengan demikian ia mengharapkan ada transfer pemikiran, pengetahuan dan teknologi dalam program ini. Lily mengungkapkan, dijadwalkan untuk Summer School tahun ini akan dimulai pada 24 Agustus hingga 6 September 2014.

Peserta Summer School akan diikut sertakan dalam kunjungan lapangan di beberapa tempat seperti di Jakarta, Pekanbaru, Tangerang Selatan, Yogyakarta, dan Kepulauan Seribu. "Kita berharap dengan program Summer School ini mahasiswa Indonesia yang bergabung dapat merubah mindset mereka, mampu menyelesaikan masalah bangsa saat ini melalui pendekatan yang dilakukan dari mahasiswa dan tentor luar," ujarnya.

Dari beberapa program Summer School yang telah diselenggarakan pada tahun sebelumnya, dari 15 mahasiswa yang ikut program ini, 3 orang dari mahasiswa UIN telah berhasil melanjutkan studi dan magang di Jerman. Dan beberapa mahasiswa Indonesia yang telah ikut program ini telah memiliki mindset yang berbeda terhadap energi dan lingkungan.

Sehingga beberapa diantara mereka mampu mengolah teknologi biomassa sebagai solusi energi terbarukan.

ed: nina chairani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement