Jumat 12 Feb 2016 15:55 WIB

Ucapan Trump Soal Muslim tak Wakili AS

Red: operator

JAKARTA--Calon kandidat presiden Amerika Serikat dari Republik yang baru saja menang primary di New Hampshire, Donald Trump, dinilai hanya mewakili sedikit warga AS, Kamis (11/2). Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake mengatakan, pendukung miliarder itu hanya sedikit mewakili AS.

Trump muncul sebagai seorang calon kandidat yang selalu mengeluarkan pernyataan kontroversial. Tidak jarang pendapatnya itu mengundang banyak kecaman, termasuk dari Gedung Putih sendiri. Blake mengatakan, hal yang dikatakan Trump tentang Muslim sangat bertentangan dengan nilai-nilai Amerika.

"Trump bisa katakan apa saja yang dia inginkan, itu akan menyakiti dirinya sendiri di pemilihan umum nanti," kata Blake ketika berkunjung ke Republika, Kamis (11/2). Ia menekankan bahwa Presiden Barack Obama telah memberi pesan kuat bahwa semua Muslim juga milik Amerika dan memainkan peran yang sangat penting.

Menurutnya, Trump hanya menempati porsi yang kecil dan tidak mempresentasikan keseluruhan Amerika. Meski demikian, ia mengakui bahwa Pemilu AS sulit diprediksi. Ia mengingatkan adanya swing voter yang kadang menentukan hasil akhir pemilu. 

"Seperti Presiden Obama, dia dulu adalah senator junior. Jadi, siapa pun bisa maju dan mendapat kesempatan," katanya. Hingga Obama pun menang karena sikap demokratis dan tolerannya.rep:  Lida Puspaningtyas,  ed: Yeyen Rostiyani 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement