Senin 02 Mar 2015 14:00 WIB

Gajah Langka Ditangkap di Myanmar

Red:

Departemen Kehutanan Myanmar menangkap gajah putih aneh di hutan bagian barat, wilayah Ayeyarwaddy, Ahad (1/3). Gajah betina langka ini berusia tujuh tahun.

Pejabat kehutanan Tun Tun Oo mengatakan bahwa gajah ditangkap enam minggu setelah ditemukan dan ditandai di Kota Pathein. Hal ini merupakan penangkapan gajah putih ke sembilan di Myanmar.

"Kita harus hati-hati, ia liar. Kami tidak ingin siapa pun terluka," kata Tun Tun Oo.

Gajah tersebut memiliki tinggi 1,9 meter dan termasuk gajah albino. Tipe gajah ini termasuk gajah yang dihormati di negara, seperti Myanmar, Thailand, Laos, dan negara Asia lainnya.

Gajah itu sedikit berbeda karena memiliki kulit bersemu merah muda dengan bulu mata  dan kuku yang jarang. Gajah putih biasanya dijaga dan dirawat kerajaan sebagai simbol  kesetiaan dan kesejahteraan.

Banyak orang menganggapnya membawa keberuntungan bagi negara. Myanmar telah  menangkap delapan gajah putih, sebagian besar berasal dari wilayah Ayeyarwaddy.

Lima gajah berada di kebun binatang ibu kota Naypyitaw dan tiga gajah di kebun binatang Yangon. Masih belum jelas ke mana gajah yang baru ditangkap ini akan dibawa.

Gajah putih sebelumnya dipindahkan dari hutan Myanmar dengan upacara khusus yang melibatkan militer. Mereka menyiramkan air beraroma dan menghiasi gajah dengan emas, perak, juga batu berharga. Oleh Lida Puspaningtyas ap ed: Yeyen Rostiyani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement