Rabu 28 Jan 2015 19:39 WIB

Pesawat NATO Terbakar

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, ALBACETE — Pesawat tempur F-16 milik Yunani terbakar setelah gagal terbang, lalu menewaskan sepuluh orang dan mencederai 21 orang lainnya, Senin (26/1). Insiden pesawat yang tergabung dalam Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) ini terjadi di Albacete, Spanyol.

“Banyak korban cedera. Sepuluh warga Prancis dan 11 warga Italia,” kata Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy di Telecinco TV. Pesawat tersebut sedang menjalani latihan NATO di pangkalan militer Los Llanos milik Spanyol. Namun, gangguan terjadi ketika pesawat akan take off.

“Pesawat kehilangan tenaga, lalu meng hempas ke lokasi parkir pesawat, menabrak sejumah pesawat lainnya yang berada di lokasi,” demikian isi pernyataan Kementerian Perta hanan Spanyol.

Pernyataan tersebut juga mengungkapkan bahwa dua pilot yang berada dalam pesawat ikut tewas bersama delapan personel Angkatan Udara Prancis yang berada di darat. Dari 21 orang yang cedera, lima orang di antaranya menderita luka bakar hebat sehingga mereka harus dirawat di rumah sakit di Madrid.  ap/reuters ed: Yeyen Rostiyani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement