Ahad 07 Sep 2014 15:00 WIB

Korut Uji Coba Rudal, Korsel Siaga

Red: operator

SEOUL -Korea Utara (Korut) melakukan uji coba penembakan tiga rudal jarak pendek di lepas pantai timurnya dan menempatkan militer Korea Selatan (Korsel) siaga menjelang libur panen tradisional, Sabtu (6/9).

"Rudal-rudal diluncurkan dari lokasi dekat pelabuhan tenggara Wonsan Sabtu pagi, terbang 210 kilometer (131 mil) sebelum terce bur di Laut Jepang (Laut Timur)," kata kepala staf gabungan militer Korea Selatan.

"Mengingat rentang dan lintas an mereka, rudal yang ditembakkan saat ini merupakan jenis yang sama, seperti rudal yang di tembakkan pada 14 Agustus dan 1 September," ujar seorang pejabat militer, seperti dikutip oleh kantor berita Yonhap.

"Peluncuran rupanya bertujuan untuk mengembangkan rudal baru dengan kisaran lama da ri rudal KN-02 yang ada," katanya menambahkan. Diperkirakan, rudal-rudal itu memiliki jangkauan 170 kilometer.

Pihak militer Korsel mencermati dengan ketat Korut menjelang liburan Chuseok, yang di mulai pada Senin dan berakhir Rabu.

Korea Utara telah menembakkan total 111 rudal, semua jarak pendek atau kisaran kelas menengah, kata Yonhap seperti dilansir Antara.Negara komunis itu sering menembakkan rudal dan roket sebagai unjuk kekuatan. ed:endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement