Ahad 24 Aug 2014 14:18 WIB

AS Ancam Tambah Sanksi Rusia

Red: operator

KIEV -Amerika Serikat (AS) meminta Rusia memindah kan konvoi bantuan yang dikirimkannya ke Ukraina timur.AS menuduh Rusia melanggar kedaulatan Ukraina dan mengancam akan memberi lebih banyak sanksi.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Ben Rhodes mengatakan, jika konvoi tidak ditarik, Rusia akan menghadapi "risiko tambahan"."Kita sebelumnya telah melihat penggunaan artileri Rusia di Ukraina," ujarnya, Jumat (22/8).

Menyebut konvoi itu berupa bantuan kemanusiaan, Rusia memperingatkan agar konvoi tersebut tidak diganggu. Moskow memiliki ribuan tentara yang dekat dengan perbatasan Rusia. Namun, Rusia tidak menjelaskan langkah apa yang akan ditempuh jika militer Ukraina turun tangan.

Komandan militer NATO mengatakan, gerakan truk tampak seperti upaya terselubung untuk memperkuat pasukan separatis. Aliansi pertahanan Barat mengungkapkan bahwa pasukan Rusia telah menembakkan artileri melintasi perbatasan.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengungkapkan bahwa masuknya konvoi truk Rusia tanpa izin dari Ukraina merupakan pelanggaran atas hukum internasional. rep:ani nursalikah/c83, ed:endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement