Ahad 24 Aug 2014 14:02 WIB

Nigeria Pantau Intensif Ebola

Red: operator

ABUJA -Dua kasus baru ebola yang mengkhawatirkan muncul di Nigeria, Sabtu (23/8). Dua penderita ebola terinfeksi oleh pasang an mereka. Keduanya merupakan pekerja medis yang melakukan kontak langsung dengan warga keturunan Liberia-Amerika Patrick Sawyer yang ak hirnya meninggal pada Juli. Menteri Kesehatan Onyebuchi Chukwu mengatakan bahwa mereka juga kemudian meninggal karena ebola.

Otoritas Nigeria awalnya mengklaim risiko penyebaran ebola dari Sawyer minim karena dia diisolasi setelah tiba di bandara. Namun, komisioner kesehatan negara bagian Lagos, Jide Idris, mengakui Sawyer tidak segera dikarantina.

Secara keseluruhan, 213 orang berada dalam pengawasan di Nigeria, termasuk enam orang yang merupakan "kontak kedua", seperti perawat pasangan suami istri itu. Mereka dikarantina di negara bagian Enugu, sekitar 500 kilometer di timur Lagos.

Sebuah laboratorium berjalan yang mampu mendiagnosis ebola telah dipindahkan ke sana.Nigeria mengonfirmasi jumlah warga yang terinfeksi 16 orang.

Sebanyak lima orang meninggal dan lima lainnya pulih. Di Guinea, Sierra Leone dan Liberia masingmasing memiliki ratusan kasus ebola. Liberia menjadi negara yang paling parah dengan 1.082 kasus dan 624 kematian. rep:ap/bbc/ani nursalikah ed:endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement