Rabu 28 Sep 2016 17:00 WIB

Serbamudah dengan Otomatisasi

Red:

Tren perangkat 'elektronik pintar' memang terus berkembang. Banyak merek global dunia sudah beralih dari teknologi konvensional menuju perangkat yang saling terkoneksi.

Beragam perangkat kini juga dibuat dengan konsep otomatisasi sehingga pengguna lebih mudah menggunakannya. Hal tersebut juga menjadi konsentrasi Midea sebagai salah satu merek global di industri pelengkapan rumah tangga.

Merek asal Cina tersebut membuat serangkaian inovasi otomatisasi pada beragam produk buatannya. Target pasar yang dituju, lebih spesifik, yakni pasangan muda berusia 25 hingga 35 tahun.

Berdasarkan data yang diolah Midea, sekitar 70 persen penduduk Indonesia pada 2030 mendatang akan didominasi usia pekerja. Sejak awal masuk ke Indonesia enam tahun lalu, Midea selalu konsisten menyediakan produk untuk pasangan muda.

Bagi pasangan baru, memiliki rumah merupakan impian utama. Kemudian menata rumah dengan peralatan rumah tangga mumpuni teknologi akan menjadi langkah awal bagi keluarga baru mereka.

Berdasarkan penelitian Midea 2016, sebanyak 67 persen keluarga Indonesia lebih suka menghabiskan waktu luangnya di rumah. Di sisi lain, pasangan muda cenderung lebih suka dengan segala sesuatu serbapraktis.

Dari menyelesaikan pekerjaan kantor hingga aktivitas rumah. "Tak heran bila pasangan muda lebih menyukai peralatan rumah tangga dengan teknologi otomatisasi," ujar Presiden Direktur Midea Electronics Indonesia, Jino Sugianto, dalam acara Midea Surprisingly Friendly Solution Grand Launching di Jakarta, Selasa (27/9).

Latar belakang tersebut memicu Midea untuk menyediakan produk rumah tangga sarat teknologi, namun tetap nyaman di kantong. Menjelang pengujung akhir tahun ini, Midea merilis lima produk dengan inovasi terbaru.

Teknologi yang digunakan cenderung lebih ringkas dengan mengedepankan otomatisasi. Meski belum mengadopsi 'smart thing' secara menyeluruh, produk terbaru Midea mulai mengarah ke era Internet of Things (IoT).

Di sektor pendingin ruangan, Midea memboyong langsung dua produk berbeda dari segmentasi pendingin ruangan. Midea Kid Star merupakan produk terbaru yang belum pernah diciptakan sebelumnya.

Pendingin ruangan tersebut khusus dibuat untuk kamar anak-anak. AC Kid Star menggunakan teknologi thermal infra merah, yakni sejenis sensor untuk mendeteksi sumber panas.

Thermal sensor juga dikenal dengan nama 'intelligence eye'. Infra merah tersebut merupakan sensor pintar dan fotosensitif untuk mendeteksi suhu tubuh anak.

Saat si kecil tertidur pulas biasanya selimut secara sengaja terbuka. AC akan secara otomatis menaikkan suhu bila kondisi di dalam ruangan sudah terlampau dingin, begitu pula sebaliknya.

Meski bisa terkendali secara otomatis, orang tua juga bisa mengatur suhu AC melalui koneksi wi-fi. AC dapat terhubung ke perangkat mobile menggunakan koneksi internet sehingga ayah atau ibu bisa mengendalikan suhu dari ruangan lain.

Pendingin ruangan untuk anak juga dilengkapi filter debu. Mesin akan menyaring partikel-partikel udara sehingga aman dihirup oleh anak.

Desain AC-nya dirancang bertepi bulat. Hal tersebut dilakukan agar menjamin keselamatan anak-anak bila terjadi musibah yang tak terduga, misalnya gempa bumi dan menyebabkan AC jatuh. Tersedia dalam dua warna, yakni merah muda dan biru, Midea Kid Star dibanderol mulai Rp 8 juta.

Bagi para ibu rumah tangga, dapur adalah salah satu area krusial di dalam rumah. Para produsen perlengkapan rumah tangga juga selalu menghadirkan berbagai inovasi terbarunya untuk melengkapi dapur.

Lemari pendingin Midea Urbane Series hadir dalam dua tipe, yakni satu dan dua pintu. Kulkas satu pintu memiliki teknologi 'coolpack', yakni bisa mempertahankan kesegaran makanan hingga 12 jam.

Bahkan, pada saat pemadaman listrik terjadi, makanan akan tetap terjaga kesegarannya. Kulkas yang ditawarkan seharga Rp 2,2 juta ini dilengkapi activated carbon deodorizer sehingga mampu menyerap dan menghilangkan bau tak sedap di dalamnya.

Sementara kulkas dua pintu memiliki teknologi sedikit lebih tinggi dari tipe satu pintu. Lemari es ini dilengkapi teknologi Multi Air Flow, yakni bisa mendinginkan makanan dari segala arah.

Hal tersebut berbeda dari lemari pendingin pada umumnya yang melakukan pendinginan langsung ke arah makanan. Dengan sistem pendinginan dari segala arah, kesegaran makanan akan terjaga secara lebih lama.

Midea membuat desain lemari es ini lebih praktis dengan fasilitas magic box. Kotak tersebut bisa digunakan untuk menyimpan kosmetik dan obat-obatan. Harga kulkas dua pintu Urbane Series dibanderol mulai Rp 3,1 juta.            rep: Nora Azizah, ed: Setyanavidita Livikacansera   

***

Cantik dan Mudah Digunakan

Water Dispenser merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang selalu hadir dalam hunian modern. Awalnya, water dispenser menggunakan sistem galon atas, sehingga memerlukan tenaga lebih untuk mengangkat galon.

Padahal masyarakat urban cenderung menginginkan segala sesuatunya dapat dilakukan secara praktis. Menjawab kebutuhan akan water dispenser yang praktis dan berkinerja tangguh, Modena memperkenalkan water dispenser DD 67 S. Produk ini memiliki sistem EZ Load yang mana ruang galon terletak di bagian bawah ini agar lebih ringan dalam penggantian galon.

Kekuatan perangkat ditandai dengan adanya teknologi sensor penyimpan air, yang menyematkan lampu indikator sebagai penanda saat air di galon telah habis. Dengan adanya indikator ini, kerja kompresor dan piranti pemanas akan berhenti secara otomatis kala tidak lagi terdapat air di dalam galon.

Department Head of Product Marketing - Cooling, Modena Indonesia, Hendrik Senjaya menjelaskan, penerapan teknologi terkini pada DD 67 S mampu menyuguhkan efisiensi serta kemudahan dalam penggunaan. "Sekaligus juga, daur hidup perangkat yang lebih lama," katanya.

Water Dispenser ini turut diperkuat dengan teknologi Ziggy Pipe, yaitu pipa berbentuk huruf Z, yang dapat menyedot air sampai habis hingga dasar galon. Dengan demikian, tidak ada air yang terbuang percuma meskipun sedikit.

Pipa dan tangki pada produk yang ditawarkan seharga Rp 3,4 juta ini juga menggunakan material stainless steel antikarat sehingga air tetap terjaga kualitasnya. Dengan tampilan  elegan dan kokoh, water dispenser ini bisa juga dipilih untuk menunjang keindahan interior di dalam rumah.    ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement