Selasa 26 Jul 2016 18:00 WIB

Kapan Bus Transjakarta Tiba? Tanya Google Maps!

Red:

Bagi pengguna transportasi umum bus Transjakarta (TJ) kini bisa lebih banyak tersenyum. Karena, Google Maps Indonesia mengeluarkan fitur terbaru bernama Transit.

Fitur ini sudah dapat digunakan untuk memantau keberadaan bus TJ terhitung sejak 21 Juli lalu. Pengguna bus TJ bisa mengetahui informasi mengenai kedatangan bus di halte. "Informasi tersebut kami berikan real time," kata Direktur Google Maps, Suren Ruhela, dalam acara Google Maps Update di Jakarta, pekan lalu.

Informasi real time yang diberikan akan memudahkan pengguna ketika akan menggunakan bus TJ. Pengguna tak perlu lagi menunggu terlalu lama di halte, atau harap-harap cemas mengenai waktu kedatangan bus.

Cara kerja Transit cukup mudah. Pengguna Android, iOS, serta desktop harus memiliki Google Maps versi terbaru. Kemudian lihat fitur Transit di laman terbawah.

Misalnya, saat akan menggunakan bus TJ dari Depok ke Sudirman pengguna cukup mengetik kedua lokasi tersebut. Transit akan langsung memberikan informasi mengenai rute dan nomor koridor.

Pengguna juga bisa melihat waktu kedatangan bus berikut estimasi waktu untuk sampai di lokasi tujuan. Bahkan, bila terjadi keterlambatan, fitur Transit akan langsung memberitakan hal tersebut.

Untuk informasi rute secara real time, Google akan memberi tanda berewarna hijau. "Kerja sama ini kami lakukan untuk memberikan infromasi akurat kepada penumpang," kata Direktur Utama PT Transportasi, Budi Kaliwono.

Fitur Transit bisa menjadi solusi praktis bagi pengguna transportasi umum di Jakarta dan sekitarnya. Pengguna juga bisa melakukan penambahan atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.

Jadi, sekarang menunggu waktu kedatangan bus bukan lagi kegiatan yang harus dilakukan tanpa kepastian. Dengan teknologi, waktu tunggu dan waktu tiba di tujuan kini bisa didapatkan dengan lebih mudah dan praktis.

rep: Nora Azizah, ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement