Kamis 23 Jun 2016 14:00 WIB

Berbagai Solusi dari IoT

Red:

Kehadiran Internet of Things (IoT) menjanjikan berbagai perubahan. Tak hanya dalam urusan transportasi, sebagaimana yang saat ini telah terjadi, tapi juga dalam analisis konsumsi listrik, kota pintar, hingga kota kreatif.

Dengan berbagai perkembangan teknologi, ternyata Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar untuk menghadirkan solusi berbagai masalah sehari-hari. Bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding, PT XL Axiata sukses menggelar kompetisi Agnosthings IoT Developer Challenge pada 21 Maret hingga 21 April 2016.

Dari 33 aplikasi yang ikut serta dalam kompetisi ini, XL mengumumkan aplikasi-aplikasi apa saja yang berhasil menjuarai kompetisi, pada Rabu (22/6), di Jakarta. Chief Digital Service Officer XL, Joseph Lumban Gaol mengatakan, keputusan XL merangkul para pengembang lokal adalah pilihan terbaik untuk terus mengembangkan layanan IoT.

Ada berbagai solusi yang tercipta dalam kompetisi ini, antara lain remote control untuk lampu, perangkat elektronik, kompor gas, tendon air, dan alat-alat rumah yang membutuhkan kecermatan dalam pemakaiannya. Solusi menarik lainnya berupa aplikasi untuk menjaga bayi. Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa memonitor kondisi bayi, termasuk juga mengatur suhu ruangan yang nyaman untuk si bayi, serta mendeteksi suara bayi yang menangis.

ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement