Selasa 31 May 2016 17:00 WIB

Komputasi Awan untuk Disaster Recovery

Red:

Transformasi digital merupakan perubahan yang sedang digadang banyak perusahaan. Untuk mendukung transformasi digital tersebut, Fujitsu Indonesia menawarkan layanan bisnis komputasi awan dengan model Disaster Recovery as a Service (DRaaS).

Country head of managed service Fujitsu Indonesia Dandung Danardono menjelaskan, layanan terbaru ini ditujukan bagi perusahaan atau pemerintahan yang ingin memiliki perlindungan data secara transparan dan pemulihan kembali secara cepat dengan jumlah data yang hilang mendekati nol, Kamis (26/5) di Bali.

Servis komputasi awan Fujitsu Indonesia ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat, yang berjarak sekitar 40 km dari Jakarta. Pemilihan lokasi penting karena akan mendukung penerapan strategi disaster recovery dengan jaminan SLA hingga 99,9 persen.

Ditambah lagi, private cloud hosted service ini melalui jaringan koneksi dengan keamanan tinggi tier 3. Sehingga, kinerja komputasi awan Fujitsu bisa berjalan 24 jam sehari, selama tujuh hari dalam sepekan.

Dari segi harga, Fujitsu menerapkan sistem bulanan hingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya modal besar di awal. Sistem sharing dengan perusahaan lain yang menggunakan jasa DRaaS turut pula meringankan biaya.

Yang paling penting, menurut Dandung, sistem perlindungan data ini bisa memaksimalkan potensi bisnis penggunanya. Setidaknya, dibanding dengan membangun sendiri pusat data.

Salah satu pengguna pertama jasa ini adalah perusahaan asuransi Tokio Marine. Ben Dy, perwakilan Tokio Marine mengatakan, kondisi Indonesia yang belum stabil membuat perusahaannya membutuhkan sistem perlindungan dan back up data yang mumpuni. "Saat Sudirman banjir kantor kami pusat datanya menjadi down," kata Ben.

Penggunaan DRaaS diharapkan menghilangkan faktor risiko tersebut, hingga karyawan Tokio Marine bisa terhubung ke sistem perusahaan dari mana saja.

Fujitsu memiliki portofolio komputasi awan yang paling komprehensif dan lengkap di Indonesia. Portofolio tersebut mencakup Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), Software as a Service (SaaS), Cloud Backup as a Service, Cloud Security Services hingga Cloud Integration Platform.

Layanan pusat data untuk komputasi awan Fujitsu bukan yang pertama pula di ASEAN. Indonesia bersama Filipina dan Vietnam menjadi negara ketiga, keempat, dan kelima yang memiliki layanan komputasi awan di 2015.     rep: Indira Rezkisari, ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement