Rabu 04 May 2016 15:00 WIB

Beragam Peralatan yang Makin Pintar

Red:

Teknologi bisa menjadi media bagi manusia untuk menciptakan keba hagiaan. Di era modern, inovasi tek no logi mampu membantu manusia dalam menyelesaikan tantangan dan mengen dalikan hidupnya menjadi lebih baik. "Bahagia itu penting karena menjadi awal dari kesuksesan seseorang," kata psikolog Roslina Veraul dalam acara 'Kon ferensi Pers Samsung Consumer Elec tronics' di Jakarta, Selasa (3/5).

Misalnya, televisi berteknologi tinggi bisa menyatukan keluarga karena menyak sikan tayangan favorit bersama-sama. Atau lemari es yang mampu menyimpan makan an segar sehingga anggota keluarga tetap sehat.

Hal-hal kecil tersebut sering kali ter abaikan manusia. Padahal, efeknya bisa membuat perasaan seseorang bahagia karena pekerjaan berat menjadi termudah kan dengan bantuan teknologi. Samsung pun turut ambil andil dalam memberikan inovasi produk berteknologi mumpuni.

Bahkan produk dibuat secara khusus sehingga menjadi pionir dari teknologi terkini. "Meski pasar tahun lalu sedikit lesu, kami optimistis tahun ini akan bangkit," kata Consumer Electronics Business Direc tor Samsung Electronics Indonesia Agus tinus Gunadharma.

Samsung mencoba memberikan pilihan produk guna melengkapi 'Smart Home' para konsumen di Indonesia. Melalui rangkaian SUHD Televisi, lemari es, pendingin ruang an, dan mesin cuci, Samsung mencoba me lengkapi kebutuhan hidup manusia untuk jauh lebih baik.

Sejauh berdiri menciptakan televisi, sudah 10 tahun Samsung memimpin dalam perkembangan teknologi televisi di dunia. Kali ini SUHD TV Samsung kembali menyu guhkan inovasi terkini dan mumpuni, yakni televisi berbasis cadmium.

"Samsung men jadi pionir dan satusatunya televisi yang memberikan teknologi tersebut," kata Head of TV Product Mar keting Samsung Electro nics Indonesia Ubay Bayanudin.

Cadmium merupakan teknologi yang diha silkan dari tampilan Quantum Dot, yak ni kualitas gambar tak tertandingi. Quan tum Dot merupakan generasi keempat dari televisi, setelah tiga sebelumnya LCD, LED, OLED.

Kontras warna pun menjadi luas dan warna gambar lebih hidup. Penonton seakan sedang melihat benda versi nyata. Bahkan SUHD TV memberikan pengalaman me non ton tidak bergantung pada kondisi cahaya.

Selain dari kualitas gambar, Samsung juga mengedepankan ketajaman suara de ngan soundbar. Saat ini penggunaan soundbar sudah setingkat lebih tinggi dari home theater.

Penggunaannya lebih praktis dari segi instalasi, dan mudah terkoneksi dengan internet. Sejak empat tahun lalu Samsung su dah memperkenalkan curved TV pada pelanggannya.

Tak ketinggalan, Samsung juga ber inovasi melalui Smart TV dengan konsep smart hub. Melalui single access point dan single remote control, pengguna bisa me ngen dalikan televisi lebih mudah.

Kelengkapan rumah tangga

Beralih ke peralatan rumah tangga, Samsung juga berinovasi pada lemari es. Samsung Twin Cooling Plus mencoba mem berikan kemudahan bagi penghuni rumah untuk menyimpan makanan. Teknologi ini memuat dual evaporator yang menjaga aliran pada masing-masing kompartemen. Hal tersebut menjaga bau makanan tidak bercampur. Dengan fitur Smart Con ver sion, lemari pendingin ini memiliki lima fitur pendinginan dan membuatnya hemat listrik.

Twin Cooling Plus juga memiliki tekno logi coolpack freezer, yakni menjaga kese garan makanan meski listrik padam. Ma kan an akan tetap beku kurang lebih 12 jam tanpa aliran listrik.

Hebatnya, Samsung memberikan 10 tahun garansi untuk lemari es bagi konsu mennya. Permasalahan pekerjaan rumah tangga tidak hanya di dapur.

Itu sebabnya Samsung menghadirkan me sin cuci bukaan depan Samsung Add wash dalam mem be ri kan kemudahan men cuci pakaian. Addwash merupakan mesin cuci dengan pintu di bagian depan. Tujuannya, agar pengguna tidak perlu menghentikan proses pencucian bila ingin menambahkan jumlah pakaian ke dalam mesin.

Teknologi eco bubble-nya membuat deterjen bisa berfungsi maksimal. Busa yang dihasilkan eco bubble dapat menyerap mu dah dan bekerja seperti mencuci meng gunakan air hangat.

Addwash juga sudah tergolong mesin cuci IoT, yakni memanfaatkan ponsel pintar untuk mengontrol mesin. Pengguna cukup mengunduh aplikasi dan menyambungkan ponsel pintarnya dengan Addwash. Melalui bantuan Smart Control, peng guna bisa menghidupkan dan mema tikan, hingga memantau proses pencucian melalui ponselnya.

Sementara dari produk pendingin ruang an, Samsung meluncurkan teknologi triangle design dalam varian air conditioner (AC). "Teknologi tersebut membuat ruangan menjadi cepat dingin," kata Michael Adi suharto sebagai Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia.

Desain segitiga tersebut membuat 39 persen udara masuk lebih banyak, semen tara kipas akan membuat aliran udara ber sih hingga 22 persen. Filter 2.d micron mam pu menyaring udara hingga 99,9 per sen dengan kemampuan membersihkan udara hingga 100 m3/jam.

Teknologi Durafin juga mampu mela kukan efisiensi pembuangan panas pada unit luar sehingga membuatnya tahan terha dap korosi. rep: Nora Azizah ed: Setyanavidita Livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement