Kamis 26 Nov 2015 13:00 WIB

Cara Cerdas Memilih Headphone

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Cara Cerdas Memilih Headphone 

Kualitas musik yang bagus tentunya harus didukung dengan perangkat yang mutakhir. 

Beberapa tahun ke belakang, dunia audio terus mengalami evolusi. Terutama setelah CD audio bertransformasi menjadi MPEG-1/MPEG-2 atau lebih dikenal dengan istilah MP3. 

Kini, video klip musik lebih banyak menggunakan high quality audio agar kualitas suara lebih bagus. High resolution audio yang berevolusi ini memiliki frekuensi suara lebih dalam dari CD audio yang hanya 16-bit/144.1 KHz. Ini juga yang menyebabkan banyak album-album musik di masa lampau kembali diproduksi demi memberikan kualitas audio yang lebih baik.

Evolusi audio juga mendorong para pemain global di bidang headphones selalu berinovasi. Salah satunya produsen asal Jerman, Sennheiser. Apabila kualitas sebuah musik sudah bagus tentunya harus didukung dengan perangkat yang mutakhir. 

"Pada situasi tersebut, headphones berkualitas tinggi sangat berperan," ujar Marketing Manager Sennheiser Asia Wee Hong di Jakarta, Rabu (25/11). Bukan hanya sebagai penunjang gaya hidup, headphone juga berperan memberikan kualitas audio yang baik bagi para penggunanya. 

Belum lama ini Sennheiser kembali menggebrak dengan seri terbarunya, Orpheus. Headphones yang dijual lengkap bersama amplifier ini dibanderol dengan harga sekitar 55 ribu dolar AS per unit. 

Tingginya harga produk yang satu ini tak lepas dari berbagai inovasi yang dihadirkan di dalamnya. Jumlahnya yang hanya 300 unit di seluruh dunia semakin menguatkan Orpheus sebagai The World's Most Expensive Headphones. 

***

Memilih dengan Tepat

Begitu banyak pilihan headphones dari beragam brand terkadang membuat seseorang bingung saat membelinya. Menurut Hong, selama ini, konsumen Sennheiser tak hanya datang dari penikmat musik, tapi juga para ahli dan pelaku seni. 

Berbeda kebutuhan, jenis musik, hingga kenyamanan, tentu berpengaruh pada pengguna headphones saat membelinya. Harga yang mahal ternyata tak menjamin headphones akan  nyaman di telinga penggunanya. 

Masalah lain juga datang dari sisi perawatan. Padahal, headphones harus mendapat perawatan agar tidak terjadi infeksi telinga saat digunakan. Bagaimana cara merawatnya, berikut tipsnya:

***

Memilih Headphones

1. Kenali Jenis Musik

Ada baiknya sebelum membeli headphones, kita mengenali dulu jenis musik favorit. Musik dengan genre jazz, blues, atau instrumental memerlukan headphones bersuara jernih dan nyaman. Musik-musik tersebut berkarakter lembut dan nikmat didengar dengan suara sempurna.

Sementara untuk musik beraliran rock, pop rock, dan hard rock tentu akan memperkuat sudut instrumen musik. Musisi akan menonjolkan kulikan gitar listrik hingga dentuman drum. Untuk itu, perlu headphones yang memberikan fokus pada suara instrumen musik.

Tetapi, kebanyakan orang justru tidak memiliki selera musik yang hanya fokus pada satu genre. Penikmat musik terkadang mendengarkan hampir seluruh genre musik yang ada. 

"Pilihlah headphones yang sesuai dengan kebutuhan," ungkap Tino Martinus selaku Product Manager Astrindo Senayasa, distributor resmi Sennheiser untuk Indonesia. Apabila lebih menyukai headphones dengan kualitas sound bass menajam maka pilihlah jenis tersebut. Atau, telinga lebih nyaman dengan suara lembut dan tenang dari headphones maka pilihlah jenis nonpowerful bass.

2. Waktu dan Lokasi Menggunakan Headphones

Seberapa sering menggunakan headphones? Di mana biasanya kita paling sering menggunakannya? Pertanyaan tersebut wajib dilontarkan saat membeli headphones. Misalnya, in ear headphones cocok digunakan bagi pengguna yang sering mendengarkan musik di bus atau kereta. Sementara, bagi yang sering bepergian dengan pesawat mungkin jenis over ear akan membuat suara terdengar sempurna. 

***

Merawat Headphones

1. Perhatikan Kabel

Sering menggulung kabel headphones dengan tangan kemudian mengikatnya? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Kabel headphones boleh saja digulung tetapi jangan mengikatnya teralu kuat. Perilaku tersebut bisa merusak komponen, termasuk fungsi kabel. Jangan pula menarik kabelnya terlalu kencang saat mencopot headphones dari telinga.

2. Bersihkan

Headphones dipakai setiap hari pada lubang telinga yang juga rentan akan kotoran. Memakainya beberapa minggu mungkin belum terlihat efek kotor dari headphones. 

Tetapi, coba saja lihat ketika sudah beberapa bulan ke depan. Bersihkan headphones dengan menggunakan kain bersih. Basahi secukupnya dan bersihkan headphones perlahan. Membersihkan headphones secara berkala bisa mengurangi risiko telinga dari infeksi telinga terhadap kuman dan bakteri. N ed: setyanavidita livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement