Jumat 28 Aug 2015 16:00 WIB

Notebook Carrizo Pertama di Indonesia

Red:

Indonesia kini sudah bisa menikmati kecanggihan prosesor carrizo di dalam negeri. Advanced Micro Devices (AMD) resmi merilis perangkat notebook pertamanya di Indonesia berbasis carrizo, Rabu (26/8), di Jakarta.

Kecanggihan tersebut tertanam dalam seri Acer Aspire E5-552G dengan dua tipe komponen utamanya. Carrizo atau dikenal juga dengan prosesor APU A-series generasi ke-6 merupakan komponen utama dari komputer berkemampuan tinggi. System-on-Chip (SoC) menjadi rangkaian sistem penggeraknya.

Prosesor terbaru ini memanfaatkan hingga 12 compute cores, yakni pemanfaatan core milik AMD Excavator dan arsitektur Graphic Core Next (GCN) generasi ketiga.

Perubahan yang ada pada generasi keenam AMD A-Series ini didesain untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para pemakainya. AMD dan Windows pun terus berinovasi dalam komputasi personal dan siap mendukung penuh sistem operasi Windows 10.

Semua kecanggihan carrizo ini hadir melalui perangkat Acer Aspire E5-552G yang dilengkapi juga beberapa fitur canggih lainnya. Acer mencelupkan fitur Acer bluelight shield yang mampu mengurangi cahaya biru dari LCD. Hal tersebut dapat membantu mata agar tidak cepat lelah apabila terlalu lama di depan laptop.

Acer seri E terbaru ini juga berteknologi TrueHarmony, yakni memadukan perangkat hardware dan software secara bersamaan. Tujuannya untuk menciptakan kualitas audio lebih hidup. "Ini merupakan inovasi teknologi terbaru dari Acer," ujar Product Director Acer Indonesia Martin Wibisono.

Laptop canggih ini juga menyediakan AMD Gesture Control, yakni teknologi berbentuk navigasi. Penggunanya bisa bernavigasi dan mengendalikan notebook hanya dengan menggunakan gerakan atau lambaian tangan.

Sementara, bagi para gamers, Acer seri terbaru ini ibarat hadir untuk memuaskan segala keinginan. Notebook ini dapat memainkan kualitas HD berbagai online game populer, termasuk DoTA, league of legends, dan counter strike.

Kombinasi 6th Generation AMD dengan AMD RAdeon R7 Mobile graphics tertentu bisa mendongkrak frame rate dalam game hingga 42 persen.

Meski mengantongi sejumlah kelebihan, laptop ini cukup ramah dari segi harga. Untuk Acer Aspire E5-552G 6th Generation AMD FX-8800P APU dibanderol dengan harga kurang lebih Rp 8 juta.

Sementara, Acer Aspire E5-552G 6th Generation AMD A10-8700P APU akan dijual dengan harga sekitar Rp 7 juta. Laptop sebesar 15,6 inci ini cukup ringan dan memiliki storage 1 TB.

***

Mengenal Prosesor Carrizo

- Prosesor generasi keenam AMD ini membawa HEVC atau H.265 sehingga unggul dari segi streaming.

- Kualitas visual video beresolusi Ultra HD hadir dengan menggunakan AMD Perfect Picture dengan Steady Video Technology.

- Carizzo mampu menghemat energi dengan daya tahan baterai dua kali lipat lebih lama dari generasi sebelumnya.

- Kemampuan encoding dapat diakselerasi lima kali lebih cepat dibanding mengandalkan CPU biasa.

***

Untuk para gamers

Bagi para penyuka game sejati, laptop merupakan gawai yang paling pas untuk mendukung kepuasan bermain. Laptop gaming pun memiliki pasar tersendiri yang terus diisi oleh produk-produk yang saling berlomba menjadi yang terbaik.

Laptop gaming yang selama ini menjadi favorit para gamers, antara lain:

•    Asus G750

Salah satu laptop yang memiliki banyak fitur, tapi memiliki harga cukup terjangkau adalah Asus G750. Laptop gaming ini dilengkapi dengan CPU Intel Core i7-4700HQ yang mampu dipacu hingga 2.4 GHz.

Pencinta game juga dimanjakan dengan pilihan RAM berkapasitas raksasa, mulai dari 12 GB hingga 32 GB. Dengan layar 17,3 inci, laptop ini sanggup menghadirkan gambar beresolusi 1920×1080 piksel. Sarana penyimpanannya yang 1TB juga menunjang pengguna menyimpan beragam permainan kesayangan.

•    Dell Vostro 14-5470

Laptop gaming besutan Dell ini menggunakan CPU Intel Core i3-4010U dengan kecepatan mencapai 1.70 GHz. Mengusung layar 14 inci WXGA HD Truelife LED, perangkat ini mampu menghadirkan gambar berukuran 1366×768 piksel.

•    HP Pavillion G7-2240US

Perangkat ini memiliki layar sebesar 17.3 inci yang akan memanjakan mata gamers ketika bermain. HP Pavillion G7-2240US hadir dengan fitur Windows 8 dengan 6 GB RAM DDR 3. Spesifikasi unggulan perangkat ini adalah penggunaan Intel Core i3 dari segi prosesor, kartu grafis Intel HD, dan ruang penyimpanan mencapai 750 GB.

Laptop ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lainnya, seperti DVD Burner, card reader SD, port HDMI, dan webcam. N ed: setyanavidita livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement