Senin 10 Oct 2016 15:00 WIB

Zona Halal Hadir di Pulogadung

Red:

JAKARTA -- Zona halal di kawasan industri segera hadir di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, yang akan menjadi etalase dan showcase bagi industri halal di Indonesia. Pengelola Kawasan Industri Pulogadung, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), menyatakan, siap untuk merespons tren dunia dengan terus berupaya mewujudkan adanya zona halal di kawasan industri.

"Kami siap untuk mendukung kawasan halal industri," kata Financial and Supporting Director PT JIEP, Sitta Izza Rosdaniah, di Jakarta pekan lalu. Menurut Sitta, zona halal yang ada di Kawasan Industri Pulogadung akan menjadi etalase dan showcase bagi industri halal.

"Zona yang kami kembangkan memiliki berbagai fasilitas yang menunjang manajamen dan distribusi halal," katanya. Di Zona Halal akan ada moslem fashion hub, mice, halal warehouse, halal laboratory, shariah finance centre, national creative industry & training centre, halal lifestyle showcases, national logistic centre, halal culinary centre, dan organic urban farming.

"Kami ingin laboratorium halal segera berdiri di kawasan Industri kami," katanya.

Di Zona Halal, kata dia, usaha kecil dan menengah (UKM) akan mendapatkan prioritas untuk mengembangkan unit bisnisnya. Menurut dia, sejauh ini UKM memang perlu dukungan agar produk yang dihasilkannya dapat memenuhi standar halal.

"Ini adalah makna dari Zona Halal, kami akan siap sedia untuk membantu. Kami akan memfasilitasi mereka untuk mengembangkan UKM, karena di zona itu terdiri dari banyak perusahaan yang bisa dapat dimanfaatkan untuk konsultasi," katanya. UKM pun akan difasilitasi untuk bisa mendapatkan dana di zona ini.

Selain itu, JIEP juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas khusus yang juga dapat digunakan oleh segenap pengusaha dalam lingkungan tersebut. Sitta menekankan, Zona Halal di kawasan industri yang dikelola JIEP tak akan terwujud tanpa adanya sinergi dan dukungan komunitas halal. Oleh karena itu, JIEP gencar menjalin sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak.

JIEP telah menandantangani nota kesepakatan bersama atau MoA (memorandum of agreement) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/Indonesian Port Corporation (IPC) tentang Penyusunan Kajian Kerja Sama Pembangunan dan Pengoperasian Integrated Logistic Area di Kawasan Industri Pulogadung.

Penandatanganan MoA dilakukan di dalam kegiatan the 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) yang diselenggarakan di Jakarta, pada Agustus 2016.

MoA tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan penyusunan kajian kerja sama pembangunan dan pengoperasian Integrated Logistic Area untuk International Halal Hub di Kawasan JIEP. Program ini dinamakan Jakarta International Halal Hub (JIHH).

MoA yang bertujuan membangun kemitraan dan sinergi usaha kedua BUMN ini, selain untuk pembangunan International Halal Hub, juga untuk mendukung Halal Port yang diinisiasi oleh anak perusahaan IPC, PT Multi-Terminal Indonesia (MTI), agar lebih efektif dan bernilai. Dalam operasional Pelabuhan Halal, yang telah ada sejak 2016, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah diajak bekerja sama.     antara, ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement