Selasa 23 Aug 2016 13:00 WIB

BPJSTK Fasilitasi Donasi Bank Sulteng

Red:

PALU -- Upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja kembali bergema, kali ini di wilayah Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi donasi dana CSR Bank Sulteng untuk perlindungan selama tiga bulan kepada 3.000 pekerja rentan yang ada di Kota Palu dan sekitarnya.

Pekerja yang menerima bantuan perlindungan dari dana CSR ini merupakan para pekerja yang termasuk dalam kategori pekerja rentan, yaitu para pekerja yang bekerja sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup hari itu saja. Mereka rentan terhadap kemunduran ekonomi jika mengalami risiko seperti kecelakaan saat bekerja ataupun meninggal dunia. Para pekerja ini adalah para pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) seperti nelayan kecil, petani, petugas kebersihan, pedagang asongan, dan lain sebagainya.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menyatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan. Langkah itu dengan menggandeng mitra BPJS Ketenagakerjaan seperti perbankan untuk bersama-sama mewujudkan program kerja tersebut melalui optimalisasi dana CSR.

"Kami sedang mengembangkan sistem yang memfasilitasi proses donasi ini agar transparan, akuntabel, dan tepat sasaran", ungkap Agus berdasarkan rilis yang diterima Republika, Senin (22/8).

Lebih lanjut Agus menjelaskan, nantinya sistem yang dibangun ini merupakan sistem berbasis elektronik/online yang akan menyediakan informasi atau pilihan target donasi pekerja rentan (Donati), besaran dan periode masa donasi, serta pelaporan regular mengenai status kepesertaan Donati.

"Dengan cara ini, kami bersama mitra kerja yang ikut serta akan membantu mengurangi kerentanan sosial terhadap pekerja di Indonesia, sekaligus menjadikan mereka para pekerja yang mandiri dan tangguh," kata Agus menambahkan.

Di wilayah Palu, terdapat lebih kurang 1,33 juta pekerja. Sebanyak 52,5 ribu pekerja di antaranya sudah terdaftar dan didominasi oleh pekerja PU. Sementara, wilayah Palu memiliki angka pekerja BPU yang cukup tinggi, seperti di sektor pertanian dan perhutanan, serta jasa kemasyarakatan yang mencapai sekitar lebih dari 690 ribu orang.

Dengan potensi yang sangat besar ini, diharapkan, perusahaan BUMN dan swasta yang ada di wilayah Palu bisa mengikuti langkah Bank Sulteng untuk menyalurkan dana CSR mereka untuk perlindungan pekerja rentan yang lebih bermanfaat.

Kantor Cabang Palu mencatat, perusahaan aktif yang terdaftar pada semester I tahun 2016 mencapai 3.563 perusahaan dengan tenaga kerja aktif 49.845 pekerja, yang 93 persen terdiri atas perusahaan kecil dan menengah yang memiliki pekerja di bawah 50 orang. Secara keseluruhan, terhitung akhir Juli 2016, BPJS Ketenagakerjaan mencatat 348,3 ribu perusahaan telah terdaftar di seluruh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan dengan tenaga kerja aktif mencapai 19,92 juta pekerja.

Diharapkan melalui kerja sama CSR bersama mitra kerja BPJS Ketenagakerjaan ini, nantinya perlindungan yang diberikan akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat pekerja, khususnya pekerja rentan, agar perlindungan menyeluruh dapat tercapai.   ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement