Kamis 28 May 2015 16:00 WIB

PDAM Diminta Bangun 10 Juta Sambungan Air Bersih

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA - Hingga kini,  baru 30 persen masyarakat Indonesia yang sudah terhubung dengan jaringan pipa air bersih. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memerintahkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk membangun 10 juta sambungan baru air bersih dalam lima tahun.

“PDAM saya tanya berapa langganan 10 juta kali lima orang jadi cuma 50 juta orang. Artinya baru 30 persen dapat sambungan air bersih. Maka, kita program 10 juta sambungan baru dalam lima tahun. Harus dilaksanakan,” kata Wapres saat memberikan sambutannya dalam acara “Indonesia Galang Kekuatan Hadapi Tantangan Permukiman dan Perkotaan” di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (27/5).

Penambahan sambungan baru air bersih ini dilakukan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati air bersih. Ia pun meminta agar pemasangan 10 juta sambungan air bersih ini harus segera dilaksanakan. Sebab, jika semakin diperhitungkan seluruh biaya yang dibutuhkan maka pembangunan sambungan air bersih ini hanya akan menjadi sekadar wacana.

“Terlalu capek seminar, pokoknya pasang 10 juta sambungan dengan segala konsekuensi dan biaya, laksanakan saja. Makin dihitung, makin tak terlaksana,” ujar Wapres Kalla.

Bahkan, ia membandingkan dengan pembangunan energi listrik yang menghabiskan dana hingga ratusan triliun rupiah. Menurutnya, jika infrastruktur pembangkit listrik saja dapat dibangun maka seharusnya pembangunan sambungan air pun juga dapat dilaksanakan.

Wapres pun menilai saat ini masih terjadi ketidakadilan dalam hal penyaluran air bersih yang tidak dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. “Kalau air minum PDAM tak ada sambungan, dia beli kalengan. Bangsa ini tidak adil bicara air. Air ini milik bersama,” kata Wapres.

Ia pun meminta agar masyarakat juga melakukan penghematan air sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati air bersih yang disediakan oleh pemerintah. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menjaga sanitasi yang baik. Sebab, sanitasi juga mempengaruhi kondisi air yang layak untuk dikonsumsi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), akses air minum secara nasional hingga 2013 telah mencapai 67,7 persen dari total penduduk Indonesia. Sedangkan, akses sanitasi layak sebesar 60,91 persen dari total penduduk Indonesia. n ed: nidia zuraya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement