Senin 14 Jul 2014 12:00 WIB

Mentan : Sebaiknya Cabut Subisidi Pupuk

Red:

JAKARTA -- Kemelut yang menghantui subsidi pupuk terus ada. Di sisi lain, petani terus mengeluh kediaan pupuk di lapangan.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono pun mengusulkan agar pemerintahan mendatang tak perlu lagi menyubsidi pupuk. Tapi, subsidi pupuk harus dialihkan menjadi bentuk lain yang juga terkait pertanian, misalnya, pembangunan irigasi atau pengadaan alat pertanian.

"Saya pribadi melihat masih ada penyimpangan, kasus yang ada pun tidak tuntas. Daripada terus mengawasi, di mana faktanya Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) tidak berkerja dengan baik, sebaiknya dipikirkan apakah pupuk tidak usah disubsdi," katanya, akhir pekan ini.

Tahun ini, pemerintah mengucurkan subsidi pupuk sekitar Rp 18 triliun. Kenyataannya, petani kerap kesulitan mendapatkan pupuk. Petani dikatakan tidak keberatan membeli pupuk nonsubsidi. "Harus ada jaminan harga, bikin modelnya. Sekarang itu yang berkuasa pedagang, yang dapat untung banyak pedagang," kata Mentan.

Sebelumnya, anggota Badan Anggaran (Banggar) dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha meminta kaji ulang subsidi pupuk. Penyerapan subsidi pupuk minimal 70 persen dan tepat sasaran. rep: meiliani fauziah ed:irwan kelana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement