Jumat 04 Jul 2014 16:00 WIB

Menkeu: Ekspor Sedikit Membaik

Red:

JAKARTA - Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi pada posisi di atas 5,2 atau 5,3 persen. Hal ini karena kinerja ekpor dan Eropa sedikit membaik. "Mudah-mudahan bisa di atas 5,2, prediksi saya 5,3 persen karena konsumsi lebih kuat. Selain itu ada pemilu," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (3/7). Namun, hal yang sama tidak terjadi di Jepang dan Cina. Kondisi di dua negara tersebut relatif stagnan, bahkan cenderung turun.

Menko Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, investasi naik meski tidak signifikan. Pemerintah akan menjaga angka pertumbuhan ekonomi tetap stabil. Untuk itu, diharapkan kerja sama yang baik antara moneter, fiskal, dan sektor riil. Menurutnya, Pemilu 2014 hanya sedikit memengaruhi pertumbuhan ekonomi. "Karena berjalan tertib." 

Pemerintah memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada semester II 2014 pada level Rp 11.462 per dolar AS. Menurut Menkeu, perkiraan realisasi nilai tukar rupiah di semester II lebih rendah daripada realisasi nilai tukar di semester I. "Realisasi nilai tukar rupiah di semester I, yakni Rp 11.738 per dolar AS," ujar Menkeu. Dalam APBNP, asumsi nilai tukar rupiah sebesar Rp 11.600 per dolar AS. Pemerintah pun memperkirakan rupiah masih berada dalam level tersebut pada akhir tahun 2014. rep:meiliani fauziah/satya festiani ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement