Sabtu 27 Sep 2014 12:25 WIB

Enam Capim KPK Lolos

Red: operator

JAKARTA -- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemen kumham) meloloskan enam dari 11 nama calon pimpinan Komisi Pem berantasan Korupsi (KPK) untuk ikut tahap seleksi lanjutan. Pada tahap penyaringan yang ketiga kalinya itu, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas masih melenggang ke babak selanjutnya.

Ketua tim seleksi pimpinan KPK Amir Syamsuddin menerangkan, di antara yang lolos adalah Jamin Ginting, Busyro Muqoddas, I Wayan Sudirta, Ahmad Taufik, Robby Arya Bra ta, dan Subagio. Nama-nama tersebut dinyatakan dalam rapat tim seleksi yang digelar pada Kamis (25/9). "Enam nama di atas berhak untuk menjalani tes kesehatan dan tes wawancara," ujar Amir Syamsuddin yang juga menjabat Menteri Hukum dan HAM, Jumat (26/9).

Dua tes lanjutan tersebut masing-masing akan dilaksanakan pada Selasa (30/9) dan Kamis (9/10).

Da lam keterangannya, menurut Amir, dalam setiap proses dan tahapan seleksi panitia seleksi tak mengeluarkan anggaran sepeser pun untuk para calon. Setiap nama yang mendaftar dan lolos dalam tiap tahapan seleksi pimpinan harus mengocek dana pribadi untuk akomodasi dan transportasi.

Seleksi pimpinan KPK tersebut guna mencari pengganti Busyro atau menetapkan kelanjutan jabatannya jika Busyro terpilih. Masa jabatan akademisi hukum tersebut akan berakhir pada Desember.

Rencana seleksi calon pimpinan KPK pengganti Busyro sempat diten tang para pimpinan KPK. Pasalnya, selesainya masa jabatan Busyro mendahului empat pimpinan lainnya. Masuknya satu pimpinan untuk mengganti posisi Busyro dikha watirkan mengganggu ritme kerja empat pimpinan lainnya yang masa jabatannya baru berakhir pada Desember 2015.

LSM Indonesian Corruption Watch (ICW) sempat membeberkan ada calon pimpinan KPK yang bermasalah. Koordinator Divisi Monitoring Hu kum dan Peradilan ICW Emerson Yuntho enggan mengungkapkan apa kah calon itu masuk dalam enam calon yang diloloskan belakangan.

Ia menegaskan, pengamat dan lembaga sipil independen di Indonesia perlu melacak rekam jejak seluruh nama-nama terseleksi terse- but. "ICW akan memantau semua yang diseleksi ini. Tapi, hasil kajiannya memang belum bisa dipublikasikan," kata dia. rep:Bambang Noroyono ed:fitriyan zamzami

CAPIM YANG LOLOS

Jamin Ginting,Dosen Fakultas Hukum UPH

Busyro Muqoddas,Wakil Ketua KPK

I Wayan Sudirta,Anggota DPD RI

Ahmad Taufik,Jurnalis

Robby Arya Brata,Kabid Hubungan Internasional Seskab

Subagio,Spesialis di Biro Rencana Keuangan KPK

Sumber: Tim Seleksi Capim KPK

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement