REPUBLIKA.CO.ID | EPAPER REPUBLIKA
Friday, 24 March 2017
25 Jumadil Akhir 1438
Find us on:
SM Pertamina Bidik Juara IBL
Thursday, 01 Jan 1970

 

Dok SM Pertamina                   

 

 

 

 

 

 

 

 

JAKARTA -- Menghadapi musim baru Indonesian Basketball League (IBL), Satria Muda Pertamina resmi memperkenalkan skuat musim 2017. Acara peluncuran tim yang dihelat di Mezzanine Ballroom Pertamina ini sekaligus menjadi penegasan kesiapan SM menghadapi IBL yang segera bergulir pada 20 Januari 2017.

Acara yang dilangsungkan pada Rabu (11/1) tersebut turut dihadiri petinggi SM dan perwakilan Pertamina. Erick Thohir selaku owner SM Pertamina mengatakan, kolaborasi SM dengan Pertamina didasarkan pada bentuk persamaan visi untuk menjadi yang terbaik.

"Nomor satu, kita percaya memberikan sesuatu dengan baik. Persamaan visi ini yang akhirnya menemukan kami dengan Pertamina," kata Erick, Rabu (11/1).

Dalam kesempatan yang sama, Head of Marketing Communication Pertamina Dendi T Danianto mengaku bangga pihaknya bisa terus menjalin kerja sama dengan tim basket terbesar di Indonesia. SM selaku peraih sembilan kali juara liga basket nasional dinilai mewakili sejarah bola basket Indonesia. 

Dendi pun yakin, SM Pertamina musim ini akan kembali meneruskan catatan panjang sejarahnya di pentas perbolabasketan nasional.

"Pertamina akan mendukung penuh tim Satria Muda untuk merebut gelar juara musim 2017 ini. Kami juga akan mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dijalani tim sepanjang musim 2017," ujar Dendi. 

Mantan pemain Rony Gunawan yang kini menjadi bagian manajemen tim SM mengakui, banyak motivasi yang membuat tim harus meraih target tinggi pada IBL 2017. "SM dari dulu targetnya selalu jadi yang terbaik dan juara Indonesia. Indonesia juara," kata Rony.

Untuk itu, musim ini SM Pertamina melakukan sejumlah perbaikan di dalam tim. Managing Director PT Indonesia Sport Venture yang menaungi tim SM Pertamina, Riska Natalia Dewi, menyatakan, perubahan yang dilakukan tersebut juga berdasarkan evaluasi. Hal itu dilakukan secara mendalam terhadap kinerja tim musim lalu.

"Kami akhirnya menambahkan pemain muda berbakat untuk tim SM Pertamina," tutur Riska. Bahkan, anggota tim baru juga direkrut dari universitas potensial di Indonesia.

Untuk berlaga di IBL 2017, SM Pertamina juga memiliki dua pemain asing untuk menghadapi turnamen tersebut. Tyreek Jewel dan Carlos Charles Smith menjadi pilihan SM Pertamina untuk bersaing di turnamen basket terbesar di Indonesia itu.

Pelatih SM Pertamina Youbel Sondakh yakin dengan kedatangan dua pemain asing ke timnya. Kendati baru bergabung, kedua bintang asal Amerika itu dirasa sudah mampu menyatu dalam permainan.

Youbel sendiri menilai keberaadaan pemain asing di seluruh tim peserta IBL membuat kemungkinan kekuatan tim akan berubah. Setiap tim kini bisa saling mengalahkan.

Meski begitu, dia yakin SM Pertamina bisa bersaing dan bermain banyak di liga. "Sejak dulu tradisi tim ini memang menjadi juara, dan saya mau kami kembali kampiun musim ini," ungkap Youbel. Untuk itu, Youbel menekankan kepada timnya betapa pentingnya mental juara.     rep: Rahayu Subekti, ed: Abdullah Sammy