Senin 01 Sep 2014 12:00 WIB

Kloter Pertama Haji Berangkat Hari Ini

Red: operator
Jamaah haji memasuki pondok asrama haji sebelum keberangkatan di Asrama haji gedung C, Pondok Gede, Jakarta Timur, Ahad (31/8).
Jamaah haji memasuki pondok asrama haji sebelum keberangkatan di Asrama haji gedung C, Pondok Gede, Jakarta Timur, Ahad (31/8).

JAKARTA -- Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji diterbangkan ke Tanah Suci dari sembilan embarkasi, hari ini. Sebanyak 4.550 jamaah itu akan didampingi 55 petugas kloter.

Seremoni pelepasan jamaah haji dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Senin, pukul 04.30 WIB, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Jamaah mulai memasuki asrama pada Ahad pagi, seperti yang terlihat di Asrama Haji Pondok Gede.Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil, jamaah di Asrama Haji Pon dok Gede diminta berkemas sejak pukul 03.00 karena pe sawat yang mengangkut mereka akan lepas landas sekitar pukul 07.00.

Selama di asrama, kata Djamil, petugas ke sehatan dan tenaga medis telah disiagakan. Jamaah hanya diminta memperha tikan kesehatan dan menghemat tenaga."Kalau jamaah prima, akan menjadi daya tangkal sendiri terhadap virus apapun,"kata Djamil, di Jakarta, Ahad (31/8).

Jamaah juga harus memperhatikan aturan yang ditetapkan panitia, di antaranya mengenai makanan. Jamaah tidak boleh memakan makanan di luar yang telah disediakan petugas asrama. Jika ada yang membawa makanan dari rumah, kata Djamil, makanan itu akan dikembalikan ke pihak keluarga untuk dibawa pulang.

Ia menjamin makanan dan minuman yang disediakan di asrama telah memenuhi standar gizi yang mendukung kesehatan jamaah menjelang keberangkatan. "Tidak perlu khawatir soal makan, sudah kita sediakan yang terbaik," kata Djamil.

Djamil juga menegaskan bahwa jamaah tidak dikenakan biaya lagi selama di asrama. Jamaah diarahkan agar fokus pada kekhusyukan beribadah. "Tidak ada biaya tambahan. Tidak boleh ada pungli."

Wakil Sekretaris III Bidang Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta, Pondok Gede, Sugito, mengatakan, setelah jamaah tiba di embarkasi, mereka diarahkan melaku kan proses administrasi yang meliputi pe meriksaan kesehatan, pemberian gelang identitas, paspor, dan uang living cost. "Living cost yang diberikan sebesar 1.500 riyal perorang," kata Sugito.

Selama di asrama, jamaah dibekali informasi mengenai manasik dan tips ke sehatan. "Kami menganjurkan seluruh jamaah mengikuti kegiatan tersebut supaya memiliki informasi yang lengkap."

Dirut PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo mengatakan, enam bandara siap memberangkatkan jamaah haji. Ada delapan unit pesawat yang dioperasikan. rep:neni ridarineni/c78/c72/c60/mursalind yaslan, ed:nur hasan murtiaji

Data dan Fakta Jamaah Haji 1435 H

- 156.805 ORANG Jumlah Jamaah Haji Reguler

- 13.600 ORANG Jumlah Jamaah Haji Khusus

- 1 September 2014 Keberangkatan perdana jamaah calon haji

- 28 September 2014 (closing date) Keberangkatan terakhir jamaah calon haji

- 1 September 2014 Gelombang I keberangkatan

- 15 September 2014 Gelombang II keberangkatan

Sumber: Kemenag Pengolah: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement