Kamis 12 Jan 2017 14:00 WIB

La La Land Berburu Oscar

Red:

Ajang apresiasi untuk film dan televisi terbaik di Amerika Serikat, yaitu Golden Globe baru saja usai. Dalam ajang tersebut La La Land memborong seluruh piala Golden Globes dari tujuh kategori penghargaan.

Tak ayal kesuksesan itu membuat film musikal romantis itu menjadi yang terdepan dalam perburuan anugerah film terbaik tahun ini. Film garapan sutradara Damien Chazelle itu sebelumnya sudah menjadi buah bibir karena menerima nominasi terbanyak dalam ajang.

Film yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone itu berhasil meraih penghargaan di kategori bergengsi seperti Film Komedi atau Musikal Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik, serta Aktor dan Aktris Terbaik untuk Film Komedi atau Musikal.

Kesuksesan ini sekaligus memecahkan rekor Golden Globes. La La Land mampu mengalahkan rekor enam penghargaan yang diraih One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975) dan Midnight Express (1978). Keberhasilan La La Land tak lepas dari kreativitas sutradara berusia 31 tahun menciptakan kisah cinta dengan energi nostalgia, musik, dan tarian yang apik berlatar belakang Los Angeles masa lampau.

Chazelle pun menjadi sutradara termuda yang menerima penghargaan Sutradara Terbaik Golden Globes mengalahkan Sam Mendes yang menerima penghargaan itu pada 2000 di usia 34 tahun.

Pada 2014, Chazelle juga sempat mencuri perhatian jagat perfilman lewat film Whiplash. Film itu bahkan, dinominasikan sebagai film terbaik Oscar 2014.  "Saya berterima kasih pada keluarga saya yang percaya ketika saya ingin membuat film saat masih berusia tiga tahun," ujar sutradara keturunan Amerika-Prancis itu seperti dikutip dari Entertainment Weekly, Senin (9/11).

Aktor Ryan Gosling mengaku keberhasilannya meraih penghargaan aktor terbaik di Golden Globe 2017 adalah hasil karya bersama. Hal itu terutama ia tujukan pada lawan mainnya Emma Stone dan sutradara Damien Chazelle.

"Saya akan membagi penghargaan ini jadi tiga bagian," ujar Gosling seperti dikutip dari BBC, Senin (9/1). Gosling dan Emma Stone berhasil meraih piala Golden Globe perdana masing-masing sebagai aktor dan aktris terbaik dalam kategori film musikal atau komedi.

Gosling berhasil mengalahkan aktor-aktor lain seperti Jonah Hill dari film War Dogs dan Ryan Reynolds dari film Deadpool. Sementara, Emma Stone berhasil mengalahkan aktris senior Meryl Streep yang tahun ini dinominasikan lewat film Florence Foster Jenkins.

Kesuksesan La La Land memborong piala Golden Globes cukup menenggelamkan film-film lain yang tak kalah unik dalam deretan film terbaik tahun ini. Thriller karya Tom Ford Nocturnal Animals, misalnya, hanya sanggup mencuri perhatian karena Aaron Taylor Johnson berhasil menyabet penghargaan aktor pendukung terbaik.    rep: Ahmad Fikri Noer, ed: Ichsan Emrald Alamsyah

Calon peraih Oscar

Penghargaan untuk film terbaik Komedi atau Musikal memang didominasi oleh La La Land. Namun, penghargaan untuk film drama justru lebih merata.

Film terbaik untuk kategori drama diberikan kepada Moonlight. Film independen yang mengangkat isu LGBT dan rasial itu pun digadang-gadang akan mendapat kesuksesan serupa di ajang Oscar.

Drama karya Kenneth Lonergan Manchester by the Sea berhasil mengantarkan Casey Affleck menerima penghargaan aktor terbaik. Affleck menunjukkan kualitas akting dengan menjadi petugas kebersihan yang mendapat hak asuh atas keponakannya. Tentunya, penampilan Affleck menjadi sangat berbeda jika dibandingkan penampilannya yang jenaka dalam film Ocean's Eleven pada 2001.

Film animasi buatan Disney Zootopia menjadi film animasi terbaik versi Golden Globe 2017. Zootopia merupakan fabel tentang kehidupan metropolitan berbagai binatang.

"Kami ingin Zootopia menjadi film yang tidak hanya menghibur anak-anak, tapi juga berbicara kepada orang dewasa tentang menghargai perbedaan. Bahkan, terdapat orang-orang di dunia ini yang ingin memisahkan kita dengan menggunakan ketakutan," ujar Sutradara Zootopia Byron Howard.

Zootopia mengisahkan kelinci polisi dan rubah penipu yang berupaya membongkar konspirasi lenyapnya masyarakat mamalia di metropolis. Film berdurasi 108 menit itu pun mendapat apresiasi tinggi dengan meraih penghargaan Critic's Choice untuk film animasi terbaik.

Dengan berakhirnya Golden Globes 2017, La La Land menjadi unggulan utama film terbaik dalam berbagai penghargaan tahun ini termasuk Oscar. Meski begitu, film-film lebih serius seperti Manchester by the Sea dan Moonlight tetap memiliki kesempatan besar untuk mendulang kesuksesan.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Golden Globe Awards 2017:

FILM

Film Drama Terbaik - Moonlight

Film Musikal atau Komedi Terbaik - La La Land

Aktor Terbaik Drama - Casey Affleck (Manchester by the Sea)

Aktris Terbaik Drama - Isabelle Huppert (Elle)

Aktor Terbaik Komedi atau Musikal - Ryan Gosling (La La Land)

Aktris Terbaik Komedi atau Musikal - Emma Stone (La La Land)

Aktor Pendukung Terbaik - Aaron Taylor Johnson (Nocturnal Animals)

Aktris Pendukung Terbaik - Viola Davis (Fences)

Sutradara Terbaik - Damien Chazelle (La La Land)

Skenario Terbaik - Damien Chazelle (La La Land)

Original Score Terbaik - Justin Hurwitz (La La Land)

Lagu Terbaik - "City of Stars" (La La Land)

Film Animasi Terbaik - Zootopia

Film Bahasa Asing Terbaik - Elle (Prancis)

TV

Serial Drama Terbaik - The Crown

Serial Musikal atau Komedi Terbaik - Atlanta

Aktor Terbaik Drama - Billy Bob Thornton (Goliath)

Aktris Terbaik Drama - Claire Foy (The Crown)

Aktor Terbaik Musikal atau Komedi - Donald Glover (Atlanta)

Aktris Terbaik Musikal atau Komedi - Tracee Ellis Ross (Black-ish)

Miniseri atau Film Televisi Terbaik - The People v OJ Simpson: American Crime Story

Aktor Terbaik Miniseri atau Film Televisi - Tom Hiddleston (The Night Manager)

Aktris Terbaik Miniseri atau Film Televisi - Sarah Paulson (The People v OJ Simpson: American Crime Story)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement