Selasa , 29 November 2016, 13:00 WIB

Film Manga Masih Mendominasi Perfilman Jepang

Red:

JAKARTA -- Film yang diangkat dari kisah manga alias komik, masih mendominasi perfilman Jepang. Hal itu disampaikan Direktur Japanese Film Festival (JFF) 2016, Masafumi Konomi.
 
"Lebih dari 400 film diproduksi setiap tahun di Jepang dan sekitar separuhnya diangkat dari cerita manga," ujarnya saat dijumpai pada pembukaan JFF 2016, Kamis (24/11).

Salah satu contohnya adalah film drama romantis Chihayafuru besutan sutradara Norihiro Koizumi yang dirilis tahun ini. Diangkat dari komik berjudul sama, film tersebut lantas dikembangkan menjadi live action dan sangat populer di negara asalnya.

Bercerita tentang sekelompok pemuda yang hobi bermain kartu klasik Jepang bernama karuta, kisah ini disebut menggabungkan budaya tradisional dan modern sekaligus. Chihayafuru juga menjadi pembuka keseluruhan rangkaian acara JFF 2016 yang menayangkan total 14 film asal Jepang.

Konomi mengatakan, Jepang adalah negara dengan jumlah produksi film ketiga terbanyak di dunia, tetapi sebagian besar belum diperkenalkan ke luar negeri. Karena itu, helatan perdana JFF 2016 diharapkan dapat menghubungkan film Jepang dan penonton Indonesia.      rep: Shelbi Asrianti, ed: Ichsan Emrald Alamsyah