Kamis 29 Sep 2016 15:55 WIB

Pesta Korea Sepanjang Oktober

Red:

Dalam beberapa tahun terakhir, budaya Korea telah menjadi bagian dari budaya pop di Tanah Air. Masuk lewat musik, drama, hingga kosmetik, masyarakat Indonesia telah menjadi begitu akrab dengan budaya Negeri Ginseng tersebut.

Untuk memperingati Bulan Korea di Jakarta, sepanjang Oktober 2016 mendatang akan ada berbagai acara khas Korea yang bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Tak hanya di Jakarta, tetapi juga di beberapa kota lain, seperti Surabaya, Yogya, Tangerang, dan Bekasi.

Didukung oleh Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia, berbagai organisasi Korea yang ada di Indonesia bergabung untuk turut menyemarakkan Bulan Korea kali ini. Ada berbagai acara yang bisa dinikmati selama berlangsungnya Bulan Korea.

Dimulai pada 30 September 2016 di Lotte Shopping Avenue, kita bisa menyaksikan pertunjukan dari grup Nanta dan Fireman selama tiga hari berturut-turut. Nanta adalah kelompok penampil yang hadir secara nonverbal dan berkreasi dengan berbagai alat masak.

Pertunjukan Nanta selama ini bisa dibilang menjadi salah satu menu wajib bagi para wisatawan yang tengah berkunjung ke Korea. Hampir sama, Fireman juga merupakan kelompok yang tampil memberi pertunjukan secara nonverbal. "Indonesia akan menjadi negara pertama bagi kelompok Fireman untuk tampil di pasar Korea," ujar Ichal dari Korea Tourism Organization (KTO).

Seluruh pertunjukan dari Nanta dan Fireman ini bisa disaksikan para pengunjung secara gratis. Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti Korea Tourism Quiz King Competition juga K-Pop Cover Dance and Sing.

Bagi yang penasaran dengan kuliner Korea, Bulan Korea juga akan menggelar K-Food Fair pada 8 hingga 9 Oktober 2016 di Kota Kasablanka, Jakarta. Selama dua hari, beragam kuliner Korea seperti bulgogi dan tteokbokki bisa dicicipi di acara bertema "Safe & Healthy with Premium K-Food".

Lee Kyu-baek dari Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation menjelaskan, akan ada open kitchen besar-besaran yang digelar agar masyarakat yang datang ke Kota Kasablanka bisa menyicipi makanan khas Korea. "Kami menyiapkan sekitar 2.400 porsi menu gratis untuk para pengunjung dan semuanya gratis," ujar dia.

Tak hanya itu, tahun ini, untuk ketujuh kalinya Festival Dlm Korea-Indonesia akan kembali digelar dan dibuka pada 26 Oktober 2016 di CGV Blitz Grand Indonesia. Acara ini akan berlangsung hingga 30 Oktober mendatang di seluruh CGV Cinemas Jakarta, Bandung, Surabaya, Tangerang, Yogya, dan Bekasi.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tai-young mengungkapkan, rangkaian acara di Bulan Korea tahun ini lebih komprehensif dan bervariasi. "Diharapkan orang Indonesia dapat memahami budaya Korea lebih baik lagi," ujarnya. Yang menarik, tak hanya bersifat satu arah, ia melanjutkan, kegiatan ini juga digelar agar orang Korea juga dapat lebih memahami tentang orang Indonesia.

Menurut Cho, saat ini, Indonesia adalah destinasi wisata yang amat populer bagi warga Korea. Setiap tahun, sekitar 200 ribu orang Korea datang ke Indonesia hanya untuk mengunjungi Bali. Namun, belakangan tak hanya Bali, orang-orang Korea juga sudah mulai mengunjungi pulau-pulau lain di Indonesia, seperti Lombok, Papua, Ambon, Sulawesi.     rep: Setyanavidita Livikacansera, ed: Endah Hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement