Jumat 23 Sep 2016 17:00 WIB

Mau Bebas Stres? Ada 101 Cara

Red:

Kamu pernah merasakan stres? Banyak pekerjaan menumpuk, tugas yang tidak kunjung berakhir, tuntutan dari sana sini. Makin dipikirkan, sepertinya masalah yang muncul tidak juga berhenti.

Tidak hanya orang dewasa yang bisa merasakan sendiri, pelajar juga saat ini gampang sekali mengalami stres.

Tidak percaya? Ini sempat dialami oleh anak SMA Rio Mesa di Oxnard, California, Amerika Serikat, bernama Alina Ramirez. Karena itulah dia kegirangan ketika seorang guru psikologi yang bernama Brett Phillips membagikan 101 tips untuk mengatasi stres.

Saking senangnya Ramirez yang juga murid Phillips mengunggah 101 tips tersebut di akun Twitter-nya, yang kemudian menjadi viral di dunia maya.

Kini unggahan mengenai tips dari guru psikologi tersebut telah membuahkan 29 ribu "like" dan di-retweet sebanyak 24 ribu kali.

Beberapa tipsnya meliputi perilaku-perilaku praktis ternyata cukup mudah dilakukan, seperti bangun 15 menit lebih awal dan mempersiapkan seluruh kebutuhan di pagi hari pada malam sebelumnya. Tapi, beberapa tips lain cukup menggelitik, misalnya Phillips menyarankan pada muridnya untuk menghindari pakaian ketat, atau tak mengandalkan ingatan pada kemampuan daya ingat otak saja namun menuliskannya.

Hal lain yang lebih lucu adalah Phillips menyarankan muridnya membuat duplikat kunci atau mengganti pengharum udara di mobil. Tips lain termasuk meminta untuk memperbaiki apa pun yang tak berfungsi dengan baik, membuat salinan surat-surat penting dan memecah tugas besar menjadi lebih kecil agar mudah dikerjakan.

Ramirez mengatakan kepada Buzzfeed seperti dilansir situs Dailymail, tips dari gurunya ini sangat berguna. Sebab, ia sangat tahu bagaimana stresnya menghadapi sekolah, pekerjaan, dan kehidupan pada umumnya. "Sehingga ia memberi kami kertas ini (yang berisi 101 tips itu) untuk membantu kami," ujarnya.

Saran lain dalam daftar juga memuat hal-hal mengenai peningkatan perasaan positif. Ini termasuk, di antaranya melihat bintang, belajar siulan sebuah lagu, membaca puisi, membaca cerita sambil meringkuk di tempat tidur hingga membeli bunga untuk diri sendiri.

Inti dari tips dalam kertas yang dibagikan Phillips berisi daftar untuk mengingatkan siswa, bagaimana menghargai diri mereka sendiri. Pada salah satu tips, Philips bahkan meminta muridnya menghirup wangi bunga untuk dirinya.

Dalam tips lainnya, Phillips juga menyarankan para murid untuk tak segan memuji orang lain. Dan di akhir tipsnya, ia meminta semua murid untuk bisa meluangkan waktu beristirahat dan relaks.

Sebenarnya, tips ini bukan baru kali ini diberikan Phillips ke muridnya. Bahkan, dia sebenarnya sudah selama 10 tahun menyerahkan daftar tersebut ke kelas yang diajarnya.

Phillips mengatakan, ia menyusun daftar itu selama bertahun-tahun dengan berbagai referensi mulai dari buku, artikel, hingga hal-hal yang kebanyakan orang lakukan untuk mengurangi stres.

Guru ini mengaku menggunakan daftar tersebut di kelas Stress Plan Project yang diajarnya. Biasanya kertas tips dibagikan di awal semester. "Saya telah mengerjakan proyek ini selama bertahun-tahun, dan ini adalah pertama kalinya, ada siswa saya yang menaruhnya di media sosial dan responsnya mengejutkan saya," kata Phillips.

Berkat sang murid, lelaki itu kini dipuja bak pahlawan. Malah, tak hanya Phillips yang banjir pujian, Ramirez juga menuai beragam respons positf di Twitter. Para netizen berterima kasih padanya karena telah berbagi daftar tersebut.

Salah satu pengguna dengan nama @CalliesCoffee mengatakan, ini merupakan hal luar biasa dan daftar tips tersebut sangat diperlukan. Beberapa netizen lain turut berkomentar, "Tak semua pahlawan memakai jubah", yang merujuk pada Phillips.

"Terima kasih, saya benar-benar membutuhkan ini," kata akun Sam Layendecker.

rep: Gita Amanda, ed: Endah Hapsari

Tertarik Mencoba?

Untuk kamu yang berminat untuk menerapkan tips mudah mengatasi stres ala guru asyik Brett Phillips, berikut beberapa tips dari keseluruhan 101 tips yang dibagikannya. Simak yuk.

1.Tersenyum

2.Siap-siap menghadapi hujan

3.Hindari orang-orang yang negatif

4.Menggelitik bayi

5.Gunakan waktu dengan bijak

6.Percepat waktu makan

7.Pilah-pilah tugas berat menjadi porsi yang lebih kecil

8.Lihat masalah sebagai tantangan

9.Tidak perlu kamu tahu semua jawaban

10.Katakan sesuatu yang baik pada orang lain

11.Ajarkan anak-anak main layangan

12.Berjalan di tengah hujan sesekali

13.Yakinlah pada diri sendiri

14.Berhenti mengatakan hal buruk tentang diri sendiri

15.Bayangkan kemenangan ada di tangan kamu

16.Kembangkan rasa humormu

17.Baca puisi

18.Hentikan kebiasaan buruk

19.Cobalah untuk bernapas dengan pelan-pelan

20.Dengarkan sebuah simfoni

21.Lakukan hal baru

22.Perhatikan penampilan

23.Jaga berat badan

24.Selalu punya 'Plan B'

25.Ingat-ingat sebuah guyonan

26.Jadilah pendengar yang baik

27.Sempatkan piknik

28.Pilih rute berbeda menuju sekolah/kantor

29. Nonton film dan makan popcorn

30.Rajin mencatat

31.Berhenti berusaha untuk mengoreksi orang lain

32.Kurangi bicara dan lebih banyak mendengarkan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement