Selasa 16 Feb 2016 20:41 WIB

Target Tinggi Rudy Habibie

Red: operator

Rudy Habibie sedang berdebat dengan kelompok pemuda lain yang tak sepaham dengannya. Ketika itulah sosok perempuan Jerman bernama Ilona  muncul. Ia adalah kekasih Rudy ketika berada di Jerman. Ilona yang begitu mencintai Indonesia mencoba mengembalikan semangat Rudy untuk terus berkarya demi tanah air. 

Dalam kesempatan lain, tampak Rudy yang bersikukuh memberikan sumbangsihnya pada Indonesia. Dia punya cara sendiri untuk itu. Rancangan pesawat terbang tergambar dengan detail di atas lembar demi lembar catatannya. Semuanya untuk Ibu Pertiwi.

Penggalan-penggalan kisah itulah yang hadir dalam cuplikan test cam preview film Rudy Habibie yang dibintangi oleh Reza Rahardian yang memerankan Rudy Habibie dan Chelsea Islan sebagai perempuan Jerman bernama Ilona tersebut.

Manoj Punjabi, produser film ini sekaligus pendiri rumah produksi MD Entertainment mengatakan, preview berdurasi lima menit itu baru lima persen dari total film keseluruhan. Manoj optimistis film tersebut bisa sesuai harapannya. "Ini film terobosan. Misi saya tahun ini film Indonesia harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Mudah-mudahan dengan Rudy Habibie bisa," kata Manoj. 

Ia memasang target tinggi dari prekuel film Habibie dan Ainun itu. Jika Habibie dan Ainun bisa menembus lima juta penonton, kini Manoj memberikan target 10 juta penonton untuk Rudy Habibie.

Untuk itu, Manoj mempercayakan garapan film ini kepada sutradara Hanung Bramantyo. Hanung bukan sosok asing dalam proyek film berlatar kehidupan BJ Habibie tersebut. Dalam film Habibie dan Ainun, ia menjadi co-producer. 

Manoj mengaku turut menggandeng seluruh talenta terbaik dari industri perfilman Indonesia untuk teknis produksi seperti kostum, musik, dan tata rias.

BJ Habibie yang turut hadir bersama keluarga dalam ajang preview itu ikut mengapresiasi proyek film yang menceritakan sosok dirinya saat muda. Ia mengatakan, untuk menjadi nomor satu lebih gampang ketimbang mempertahankannya. 

Oleh karena itu, semua manusia harus terus mengembangkan kualitas dan produktivitas dalam berkarya. Pandangan tersebut, ujarnya, kerap ia sampaikan dalam beberapa kesempatan. Hal itu pun mengundang pertanyaan bagaimana proses Habibie bisa menjadi seperti itu. 

Pengembang proyek pesawat CN-235 itu pun mempersilakan kisah hidupnya ketika muda disampaikan ke publik lewat film. Habibie bahkan ikut memantau naskah film Rudy Habibie dan menjamin isinya tidak mengada-ada. Ia mengatakan, ada sentuhan seni untuk kebutuhan plot film tapi tidak berlebihan.

Sutradara Hanung Bramantyo merasa bangga bisa menggarap film Rudy Habibie. Suami aktris Zaskia Adya Mecca itu mengaku banyak terinspirasi dari sosok Habibie, terutama agar produk buatan Indonesia menjadi raja di negeri sendiri. Ia pun berharap film garapannya itu bisa menjawab tantangan industri perfilman tanah air. "Habibie dan Ainun terbukti bisa. Saya yakin, kita bisa jadi raja di negeri sendiri," ujarnya.

rep: Ahmad Fikri Noor, ed: Endah Hapsari 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement