Kamis 07 Jan 2016 17:00 WIB

Yuk, Main Nintendo di Ponsel

Red:

Untuk kamu para gamer, ada persembahan menarik dari Nintendo. Untuk pertama kalinya, Nintendo akan meluncurkan permainan terbarunya yang bisa dimainkan oleh para penikmat game di ponsel. Sayangnya, para pencinta game Nintendo harus bersabar, permainan bernama Miitomo itu baru akan dirilis pada Maret mendatang.

Tampaknya, Nintendo memang akan ikut bersaing dengan meningkatnya popularitas game melalui telepon pintar, seperti Candy Crush dan Angry Birds. Ingin bersanding dengan game-game populer tersebut, Miitomo akan mengusung tema avatar yang disebut Miis. Para pemain bisa sesuka hati membuat avatar masing-masing dan membeli pakaian serta aksesori lainnya.

Tak hanya membuat avatar, jenis permainan populer di kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa itu juga bisa memungkinkan untuk mengobrol dengan avatar lainnya. Presiden produsen game mobile Jepang, DeNA Isao Moriyasu, seperti dilansir situs Dailymail, mengatakan, para pemain game tersebut bisa berbicara dengan avatar lain sesering yang bisa dilakukan di kehidupan nyata. Tak hanya itu, untuk menavigasi avatar masing-masing maka pemain bisa mengikuti minigames yang sudah disediakan, salah satunya teka-teki silang.

"Komunikasi akan menjadi pusat permainan, tapi saya pikir berbagai elemen dapat ditambahkan, seperti minigames. Pengguna bisa bermain dengan teman-teman mereka," kata Moriyasu.

Hanya, untuk pakaian yang bisa dikenakan avatar harus dibeli dan bukan gratis. Untuk berkomunikasi, para pemain Miitomo juga bisa terhubung dengan teman-teman yang ada dalam akun Facebook. Dengan begitu, selain bermain, game tersebut sekaligus juga bisa digunakan untuk alat berkomunikasi.

"Karakteristik lain yang unik dari Miitomo adalah para pemain mungkin dapat mengetahui aspek yang tidak diketahui tentang temanmu atau kesamaan tak terduga," kata Moriyasu menjelaskan. Menurut dia, hal tersebut karena Miitomo dapat membawa para pemain kepada topik yang tidak biasanya dibicarakan, tapi bisa menjawabnya jika diminta.

Meskipun game terbaru keluaran Nintendo akan menarik, ada kekhawatiran tersendiri mengenai pembelian baju dan aksesori avatar yang ditawarkan. Dikarenakan avatar tidak gratis, membuat beberapa orang tua khawatir anak-anak mereka bisa boros saat bermain. Seperti game serupa lainnya, para pemain rela menghabiskan uang untuk membeli nyawa ekstra, senjata, dan kredit lainnya saat bermain.

Nintendo memang sudah terkenal dengan reputasinya yang memproduksi permainan inovatif bertemakan interaksi dengan video game dan game konsol Wii. Begitu pun dengan permainan terbaru ini yang akan menunjukkan tampilan terbaru.

Mereka tampaknya memang sengaja akan mengembangkan permainan jenis baru yang dilengkapi dengan layar sentuh untuk mencakup keseluruhan game. Hal tersebut memicu spekulasi beberapa perusahan game besar Jepang berencana menggunakan platform NX baru pada 2016. Dengan konsep terbaru tersebut, para pemain game bisa menikmati efek suara yang lebih mendalam ditambah dengan layar berfitur 3D. Pecah, kan?

 c32 ed: endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement