Rabu 28 Jan 2015 16:00 WIB

Rosa ‘Idol’ dari Nyanyi ke Akting

Red:

Dunia seni bukan hal baru untuk Maria Rosalia Yola Detta. Apalagi, neneknya seorang penyanyi dan ibunya penari. Sejak kecil, gadis cilik itu menyadari kegemarannya di dunia tarik suara.

Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, dia sudah tergabung pula dalam paduan suara sekolah dan rajin mengikuti berbagai kompetisi menyanyi. Tak hanya bernyanyi, gadis berlesung pipit ini juga mempunyai bakat menari.

Dunia seni makin digelutinya dengan aktif dalam kegiatan tari modern, cheerleader, serta tergabung dalam band. Malah, dia juga sempat ikut kompetisi bernyanyi di televisi swasta lain, bersama temannya dalam ‘Duo Giliana’. Tak disangka, keduanya mampu menyabet juara dua.

Namanya pun mulai dikenal ketika mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Suaranya yang khas disukai oleh musisi Ahmad Dhani. Berkat penampilannya yang selalu total serta memesona setiap minggunya, wanita kelahiran 1991 ini mampu bertahan hingga babak enam besar.

Dan, kita pun mengenal sosoknya dengan sapaan akrab Rosa ‘Idol’. Kini selain bernyanyi, perempuan asal Solo ini juga mencoba mengasah kemampuan aktingnya lewat layar lebar. Dua film telah dibintanginya, yaitu Kesurupan Setan (2014) dan Cerita Cinta (2015).

Rosa mengaku senang dapat dipercaya berperan dalam film. "Setelah lolos dari ajang Idol, dari situlah dapat kesempatan buat main film," ujarnya.

Perempuan yang hobi membaca novel dan komik ini mengaku, sebelumnya tak pernah belajar akting secara formal. Dia melatih sendiri aktingnya, sambil mendalami karakter yang harus dimainkan. Meski begitu, sebagai pemula, dirinya tetap merasa kurang.

Dia pun kian jatuh hati pada dunia akting dan berharap bisa mendapat peran yang lebih menantang. "Jadi orang gila kek, yang gila-gilaan deh pokoknya. Kalau ini kan karakternya masih kalem di zona amannya aku, dan tidak terlalu jauh berbeda dengan karakter aslinya aku," jelasnya menceritakan karakternya dalam film Cerita Cinta.

Dibandingkan film keduanya, menurut Rosa, peran di film pertamanya lebih menantang. Dalam film itu, dia harus berakting menjadi orang kesurupan. Sejak malam hingga pagi, dia harus pura-pura kesurupan, tak peduli cuaca sedang hujan.

Saat ini, diam-diam Rosa berharap lebih untuk karier beraktingnya. "Kalau ditanya ingin main film disutradarai siapa, ya kayaknya Hanung Bramantyo," katanya.

Rosa bersyukur dengan semua pencapaiannya sekarang, terutama karena masih mempunyai keluarga lengkap yang selalu mendukungnya. Ia bercerita, sempat mengalami masa sulit. Saat ayahnya masuk penjara, kemudian semua teman menjauhinya.

Beruntung sekarang kondisinya justru lebih baik. "Aku percaya mukjizat itu ada. Dulu sebelum ikut Idol, siapa yang kenal aku. Tapi sekarang kalau aku jalan, ada yang sapa."

c91 ed: Endah Hapsari

***

Melirik Bisnis Clothing

Rosa ‘Idol’ memastikan tak bakal meninggalkan dunia musik. Penggemar kartun manga ini mengaku akan tetap bernyanyi dan meluncurkan album. "Proyek musik aku sekarang masih tergabung di band pop, Bass Project, yang basisnya di Bandung. Pada September 2014, kita meluncurkan album, jadi sekarang masih promo," tuturnya.

Selanjutnya, ia ingin merilis lagu solo. Namun, saat ini masih belum yakin, sebab banyak saingan seperti Raisa, serta lainnya. Maka, dirinya akan fokus dahulu bermusik bersama Bass Project.

Rosa juga mengaku belum bisa menciptakan lagu sendiri. Meski dirinya suka mencoba menulis lagu, ia masih malu bila harus diperdengarkan kepada orang lain.

Tak hanya di bidang musik, kini Rosa pun tengah mempersiapkan bisnis clothing yang rencananya diluncurkan satu sampai tiga bulan ke depan. Mahasiswi jurusan komunikasi ini bakal memperkenalkan sebuah brand untuk anak muda.

"Mulai bisnis clothing kecil-kecilan. Sayang kalau momen ini nggak dimanfaatkan untuk mulai bisnis," ujarnya. Walau mulai tertarik dengan dunia bisnis, dia mengaku tak berani mencoba bisnis lain, seperti properti.

N c91

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement