Rabu 26 Nov 2014 15:00 WIB

Ini Dia Ahli Komputer Termuda di Dunia

Red:

Namanya Ayan Qureshi. Usianya baru enam tahun. Namun, siapa sangka dialah spesialis komputer termuda di dunia. Predikat ini berhasil diraih setelah dia lulus tes untuk menjadi teknisi Microsoft berlisensi pada usia lima tahun di Universitas Birmingham City, Inggris. Ia mengalahkan rekor sebelumnya, Mehroz Yawar, asal Pakistan, yang juga lulus ujian serupa di usia enam tahun.

Menurut Ayan, tes yang digelar di Universitas Birmingham City, Inggris, pada tahun lalu juga cukup sulit, tapi menyenangkan. "Tantangan terbesar adalah menjelaskan bahasa ujian ke bocah berusia lima tahun," ujar sang ayah, Asim, yang merupakan konsultan IT. Meski begitu, Asim menambahkan, putranya memiliki ingatan baik, sehingga tetap bisa mengikuti tes.

Asim bercerita, ia mengenalkan komputer kepada Ayan saat berusia tiga tahun. Ia membiarkan sang buah hati bermain dengan komputer lamanya hingga mampu memahami beragam jenis peranti keras. "Apa pun yang saya ajarkan hari ini, besok dia sudah bisa mengingat semua yang saya katakan. Jadi, saya mulai memberinya banyak informasi," jelas Asim, seperti dikutip dari BBC.

Saat bocah bermata bulat tersebut datang mengikuti tes Microsoft, para penyelenggara sempat khawatir karena Ayan dianggap terlalu muda. Tapi, sang ayah terus meyakinkan bahwa anaknya mampu meski tes itu biasa diambil oleh mereka yang ingin menjadi teknisi IT.

Kini, setahun berselang setelah meraih gelar bergengsi itu, Ayan sudah mempunyai laboratorium komputer sendiri di rumahnya, yang terletak di Conventry, Inggris. Walau tinggal di Inggris, sebenarnya Ayan lahir di Lahore, Pakistan. Keluarganya pindah ke Inggris pada 2009.

Laboratorium itu sendiri berisi jaringan komputer yang dibuatnya sendiri. Ia bahkan berharap suatu saat nanti bisa menciptakan pusat jaringan teknologi di Inggris.

Ayan mengaku terlalu banyak bermain komputer di usia sangat muda akan berdampak negatif. Hanya, dalam kasus Ayan, sebaliknya, dan justru bisa mengambil peluang. Setiap hari, Ayan dapat menghabiskan waktu dua jam sehari untuk mempelajari sistem operasi serta bagaimana cara menginstal sejumlah program.

Sampai akhirnya, ia terbiasa dan menguasai beragam sistem komputer. Kendati sudah lulus ujian, tentu saja orang tuanya tak memperbolehkan sang anak bekerja. Ia harus bersabar hingga delapan tahun lagi untuk menerapkan keahliannya di dunia kerja.

n c91 ed: endah hapsari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement