Rabu 19 Aug 2015 17:00 WIB

BSM Bangun Kuliner Halal

Red:

JAKARTA -- Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) membangun Modern Halal Food di kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta. Modern Halal Food diharapakan bisa menjadi kawasan kuliner halal dan sehat yang melayani para pekerja kawasan.

Peletakan batu pertama pembangunan kawasan tersebut dilakukan akhir pekan lalu oleh Direktur Utama BSM Agus Sudiarto dan Direktur Utama PT JIEP Rahmadi Nugroho.

Pembangunan JIEP Modern Halal Food ini menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman mengenai pusat kuliner ini pada Juli silam.

JIEP adalah kawasan industri yang dihuni sekitar 300 pabrik. Selama ini, pekerja wilayah tersebut hanya mengandalkan pedagang kaki lima untuk kebutuhan konsumsi dan belum tersedia pusat kuliner yang nyaman.

Kehadiran pusat makanan halal dan modern akan memudahkan akses pegawai di area JIEP terhadap makanan halal, bersih, dan sehat.

''Kami sangat mendukung program pusat kuliner halal karena memang ini salah satu fokus perhatian kami,'' kata Direktur Utama BSM Agus Sudiarto dalam siaran resminya, Senin (17/8).

Pusat kuliner ini ini juga nantinya akan mengakomodasi para pedagang yang sebelumnya telah hadir di kawasan JIEP.

BSM, kata Agus, menaruh perhatian pada pengembangan pusat kuliner halal dalam program tanggung jawab sosial korporasi (CSR).

BSM telah berhasil mengembangkan kawasan kuliner Kampung Lima yang berlokasi di samping kantor pusat BSM dan pusat kuliner di Bogor hasil kerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor. "Modern Halal Food JIEP adalah yang ketiga," tutur Agus.

Ia menambahkan, para pedagang pun akan diberi akses pengembangan kapasitas. Pedagang yang kekurangan modal akan dibantu melalui pembiayaan mikro atau pembiayaan modal tanpa biaya dana yang bekerja sama dengan Lembaga Zakat BSM. Dengan demikian, para pedagang bisa berjualan di lokasi yang bersih, nyaman, dan modern sehingga akses pengunjung bertambah.

Indonesia merupakan salah satu pasar makanan halal terbesar di dunia dengan jumlah penduduk Muslim mencapai 205 juta jiwa. Menurut penelitian Global Islamic Economy, pasar industri halal di Indonesia mencapai 190,4 miliar dolar AS.

''Seiring kebangkitan kelas menengah Muslim, pasar makanan halal di Indonesia juga meningkat,'' kata Agus.

Lokasi Modern Halal Food berada di kawasan industri JIEP Pulogadung. Lokasi ini akan dilengkapi fasilitas yang nyaman dan mampu menampung lebih dari 100 pedagang makanan dan minuman.

Ke depan, tidak menutup kemungkinan area ini akan menjadi area pamer UKM binaan industri di Pulo Gadung. ed: irwan kelana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement