Rabu 20 Aug 2014 12:00 WIB

Semen Indonesia Manfaatkan Biomass

Red:

JAKARTA -- PT Semen Indonesia terus melakukan inovasi untuk memanfaatan energi terbarukan. PT Semen Indonesia mendiversifikasi energi terbarukan biomass sebagai bahan bakar alternatif.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, industri semen bersifat padat energi, termasuk konsumsi batu bara sebagai sumber energi tidak terbarukan. "Melalui pemanfaatan biomass, kami mempunyai tujuan ganda, yaitu menjaga keberlanjutan lingkungan dan sekaligus meningkatkan efisiensi biaya operasional yang pada akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas perseroan," kata Dwi dalam rilis yang diterima Republika, Senin (18/8) malam.

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Prayogi/Republika

Penjualan Semen

 

Pemanfaatan biomass mampu memberi stimulus bagi perekonomian masyarakat lokal karena didatangkan dari wilayah sekitar pabrik, antara lain, Kabupaten Tuban, Lamongan, Bojonegoro, dan Rembang. "Pemanfaatan biomass juga berfungsi mengurangi emisi gas rumah kaca untuk meminimalisasi dampak pemanasan global," ujarnya.

Komitmen Semen Indonesia dalam inovasi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, khususnya konservasi, terus berlanjut. Selain biomass, saat ini Semen Indonesia sedang mengembangkan teknologi di bidang energi terbarukan berupa proyek Waste to Zero, pemanfaatan sampah kota sebagai bahan bakar alternatif.

Upaya lain juga dilakukan melalui Proyek WHRPG (Waste Heat Recovery Power Generator) Pabrik Tuban, pemanfaatan gas panas buang dari proses pembakaran sebagai pembangkit tenaga listrik. "Kita tidak berhenti di sini saja, kita sedang melaksanakan dua proyek sekaligus, yaitu pemanfaatan sampah kota sebagai bahan bakar alternatif dan pemanfaatan gas panas buang dari produksi sebagai pembangkit tenaga listrik dengan output sebesar 30 mw," kata Dwi.

Era saat ini, kata Dwi, era yang peduli dan punya rasa memiliki terhadap lingkungan. Bagi Semen Indonesia prinsipnya adalah better environment for many, better achievement for company. "Terbukti, pengelolaan energi yang baik mampu menjaga alam kita, sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan," katanya. Berkat komitmen yang tinggi terhadap pemanfaatan energi terbarukan, Semen Indonesia kembali mendapat apresiasi dari pemerintah melalui Penghargaan Energi Pratama dari Kementerian ESDM. rep:firkah fansuri ed: nur hasan murtiaji

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement