Rabu 06 Aug 2014 12:00 WIB
kinerja

Alquran untuk Masyarakat Pedalaman

Red:

Kebutuhan Alquran yang masih sulit terpenuhi di daerah pedalaman menjadi perhatian Asia Pulp & Paper (APP). Guna memenuhi kekurangan Alquran tersebut, perseroan mewakafkan 10 ribu mushaf bagi masyarakat Pekanbaru, Riau.

 

 

 

 

 

 

 

 

Direktur APP Suhendra Wiriadinata mengatakan, Kementerian Agama mem perkirakan kebutuhan mushaf Alquran mencapai dua juta per tahun pada 2011. Namun, hingga kini pencetakan secara nasional baru bisa memenuhi sekitar 50 ribu-60 ribu mushaf saja. "Maka kami mengemasnya sebagai bagian program corporate social responsibility (CSR) ber upa wakaf Alquran," ujar Suhendra.

Tepat pada peringatan Nuzulul Quran lalu, ribuan mushaf tadi disebarkan melalui kegiatan Peduli dan Berbagi Alquran untuk Negeri. Seluruh lapisan masyarakat mulai dari pemerintah daerah, kepolisian, TNI, lembaga-lembaga dakwah, dan berbagai ormas mendapat wakaf tersebut.

Praktik wakaf ini, kata Suhendra, juga menjadi bagian dari upaya perusahaan dalam memperkokoh tali silaturahim dengan masyarakat sekitar lahan bisnisnya. Selain menyebar mushaf di Riau, APP juga mewakafkan Alquran di Papua pada 18 Juli lalu.

Alquran yang diwakafkan menggunakan kertas QPP dengan merek Sinartech produksi dari PT Indah Kiat Pulp & Paper (Tangerang Mills), salah satu unit usaha APP. Suhendra menjamin kertas untuk kitab suci umat Islam yang dibagikan itu berkualitas tinggi dan telah mendapat ser tifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain itu, kertas yang digunakan untuk Alquran tersebut telah menjadi bahan ekspor ke berbagai negara di Timur Tengah. Suhendra menceritakan, sekitar 80-90 persen produksi kertas ini diserap, terutama oleh beberapa negara-negara Timur Tengah, seperti Mesir, Turki, Suriah, dan Lebanon, yang merupakan pusat percetakan Alquran bagi seluruh dunia.

Sejak tahun 2008, APP telah mewa kafkan 165 ribu Alquran ke berbagai la pisan masyarakat di Tanah Air. Pada tahun ini jumlah itu ditargetkan bertambah lagi sebanyak 100 ribu eksemplar. Tahun ini APP juga berkomitmen membantu para tunanetra untuk dapat mengakses Alquran versi braille. Per usahaan menargetkan sebanyak 300 Al quran khusus ini dapat diwakafkan kepada mereka yang membutuhkan. ¦ Indah wulandari ed:khoirul azwar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement